Pengamat Soal Presidential Club: Prabowo Bakal Dikenang Sebagai Presiden Pemersatu

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 07 Mei 2024 | 18:44 WIB
Prabowo Subianto (SinPo.id/ashar)
Prabowo Subianto (SinPo.id/ashar)

SinPo.id - Wacana Presidential Club yang digagas presiden terpilih 2024, Prabowo Subianto merupakan langkah terobosan dari proses rekonsiliasi kerakyatan dan kebangsaan. 

Direktur Eksekutif Sentral Politika Subiran Paridamos menyebut Prabowo memiliki niat luhur seorang negarawan dan patriot terkait wacana Presidential Club tersebut. 

Menurut dia, Prabowo merupakan seorang pemimpin yang memiliki jiwa visioner. Dia pun sangat meyakini Prabowo memahami soal negara bisa maju jika para elite dan tokohnya hidup rukun dan bersatu.

"Jika itu terwujud, maka Prabowo adalah presiden satu-satunya yang bisa menyatukan empat presiden sekaligus untuk duduk semeja mengedepankan kepentingan bangsa dan negara," ujar Subrian dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 7 Mei 2024.

Subrian mengatakan, Prabowo bakal menjadi teladan bagi rakyat tentang pentingnya persatuan. Prabowo, kata dia, memberi contoh untuk saling gotong-royong bersama rakyat menyongsong era baru visi Indonesia maju 2045.

"Tantangan Prabowo sebagai Presiden ke-8 RI semakin sulit dan kompleks, apalagi menghadapi mapping politik global yang penuh dengan ketidakpastian, sebabnya sangat penting mendudukan para mantan presiden," ungkap dia. 

Lebih jauh, Subrian berharap, Prabowo berani tampil untuk Indonesia sebagai negara pendiri dan perintis gerakan non-blok. 

"Kebijakan Indonesia tidak ke barat dan tidak ke timur, tetapi jelas dalam komitmen menghapuskan penjajahan diatas dunia, dan mewujudkan perdamaian dunia," tandasnya.sinpo

Komentar: