Azis: Sinergi Regulasi dengan Kerja Pemerintah Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi

PEN

Oleh: Ria
Sabtu, 05 Desember 2020 | 11:13 WIB
Wakil Ketua DPR M. Azis Syamsuddin
Wakil Ketua DPR M. Azis Syamsuddin

sinpo, JAKARTA, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin berharap pencapaian positif kinerja ekonomi di kuartal III menjadikan sinyal positif bagi Pemerintah untuk menjaga momentum ke arah pemulihan ekonomi lebih baik.

“Trend positif berkurangnya kontraksi pertumbuhan menjadi 3,49% (yoy) dari 5,32% (yoy) pada kuartal sebelumnya menjadikan pijakan semangat melangkah lebih jauh lagi," kata Waketum Golkar itu, Sabtu, (5/12).

“Kami melihat titik kritikal PEN telah dilewati di kuartal 3, lalu Perppu No. 1/2020 dan sinergi tim satgas juga memberikan hasil positif penanganan pandemi Covid-19 dimana rata-rata kasus aktif yang rendah dan rata-rata kesembuhan cukup tinggi dibandingkan negara lain,” tutur Azis optimis.

Azis mengatakan, dengan pencapaian tersebut, DPR berharap Perekonomian Indonesia akan semakin membaik pada kuartal IV/2020 dan semoga kembali positif pada kisaran pertumbuhan 4,8% hingga 5,8% pada 2021, didukung oleh kenaikan ekspor dengan perbaikan ekonomi global, konsumsi dengan stimulus belanja sosial dari pemerintah, investasi dengan stimulus belanja modal, dan investasi swasta dengan UU Cipta Kerja (UU No 11/2020), serta meningkatnya mobilitas manusia dengan adanya vaksinasi.

Namun, pihaknya minta Pemerintah harus terus waspada dan fokus bekerja dengan memperhatikan berbagai indikator seperti mobilitas masyarakat, penjualan eceran non makanan dan online, purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur 50,6 (ekspansif), pendapatan masyarakat.

"Serta Pilkada 9 Desember 2020 dan mempersiapkan vaksin serta program vaksinasi untuk segera keluar dari pandemi Covid-19,” pungkasnya.sinpo

Komentar: