Mahfud Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih dan Tertib

Pilkada 9 Desember

Laporan: Tisa
Senin, 07 Desember 2020 | 18:39 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: Ist.)
Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: Ist.)

sinpo, JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan suara di Pilkada Serentak, Rabu (9/12/2020) mendatang. 

Adapun setelah melalui masa kampanye selama 71 hari, gelaran Pilkada Serentak 2020 tengah memasuki masa tenang pada tanggal 6 hingga 8 Desember.

Dirinya meminta agar masyarakat menjaga ketertiban, serta situasi kondusif di masa tenang usai mengakhiri masa kampanye pada dua hari lalu.

"Istilah hari-hari tenang itu, dengan betul-betul membuat ketenangan, tidak membuat kegaduhan," kata Mahfud melalui keterangan pers virtual, Senin (7/12/2020).

Menko Polhukam meminta pihak-pihak terkait agar mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan hari pencoblosan atau pemungutan suara pada 9 Desember nanti.

"Siapkan dengan sebaik-baiknya, baik itu penyelenggara, kontestan, maupun masyarakatnya,” imbau Menko.

Di samping itu, dirinya meminta agar para pemilih disiplin menerapkan protokol kesehatan saat datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya.

“Tolong di hari H, tanggal 9 itu, datang berbondong-bondong ke TPS sesuai dengan jam, jadwal yang sudah ditentukan oleh KP. Ikuti protokol kesehatan yang ditentukan oleh KPU,” jelasnya.

Mahfud juga mengingatkan agar pemilih menjaga ketertiban dengan tidak menciptakan keributan selama proses pencoblosan. 

Menurut dia, biasanya keributan terjadi sesudah perhitungan suara dan sebagainya. Ia meminta hal ini tak terjadi.

"Semuanya harus berlaku proporsional dan tertib demi kebaikan kita bersama," pungkas eks Ketua Mahkamah Konstitusi ini.sinpo

Komentar: