Kabar Duka, Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar Berpulang

Laporan: Tisa
Minggu, 28 Februari 2021 | 16:23 WIB
Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar (Foto: Ist.)
Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar (Foto: Ist.)

sinpo, JAKARTA - Kabar duka datang dari Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar yang berpulang hari ini, Minggu (28/02/2021).

Kabar duka ini disampaikan oleh Menko Polhukam Mahfud MD. Ia mengungkapkan, berpulangnya Ardjito sebagai kehilangan dan duka mendalam.

"Kita ditinggalkan lagi oleh seorang tokoh penegak hukum yg penuh integritras. Mantan hakim agung Artidjo Alkostar yg kini menjabat sbg salah seorang anggota Dewan Pengawas KPK telah wafat siang ini (Minggu, 28/2/2021). Inna lillah wainna ilaihi raji’un. Allahumma ighfir lahu," tuturnya.

Artidjo Alkostar, kata dia, merupakan sosok hakim agung yang selama ini dijuluki algojo oleh para koruptor. Ia tak ragu menjatuhkan hukuman berat kpd para koruptor tanpa peduli pada peta kekuatan dan back-up politik.

"Dulu almarhum adalah dosen di Fakultas Hukum UII Yogya yang jug menjadi pengacara. Selama jd pengacara dikenal lurus," jelasnya.

Mahfud mengatakan, pada tahun 1978 Artidjo menjadi dosennya di FH-UII. Sosok inilah juga yang katanya menginspirasinya selama ini, menjadi dosen dan menjadi aktivis penegakan hukum dan demokrasi. 

"Pada 1990/1991 saya dan Mas Artidjo sama2 pernah menjadi visiting scholar (academic researcher) di Columbia University, New York. RIP, Mas Ar," ungkap Mahfud.sinpo

Komentar: