Pemkot: 56 Persen Lansia di Jakarta Selatan Sudah Vaksinasi COVID-19

Laporan: Vera
Kamis, 08 April 2021 | 12:53 WIB
Vaksinasi COVID-19 Lansia. (Twitter @KemenkesRI)
Vaksinasi COVID-19 Lansia. (Twitter @KemenkesRI)

sinpo, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji mengatakan, vaksinasi COVID-19 untuk warga lanjut usia (lansia) mandiri tahap pertama di wilayahnya hingga Rabu, 7 April 2021 kemarin, telah terealisasi hampir 56 persen dari sasaran 179 ribu.

"Saya akan monitor setiap hari capaian target lansia yang divaksin di wilayah masing-masing," kata Isnawa di Jakarta, Kamis (7/4/2021).

Dia pun mendorong seluruh aparatur pemerintah mulai dari tingkat terbawah di RT atau RW hingga camat dan lurah agar lebih mengoptimalkan perangkat yang ada di wilayahnya untuk meningkatkan jumlah vaksinasi COVID-19 lansia.

“Tingkatkan peran lebih maksimal dalam mengerahkan pengurus RT, RW, dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM),” ucap Isnawa.

Selain itu, lanjut dia, Dasawisma, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), Karang Taruna dan kader PKK juga terus dimaksimalkan agar setiap hari jumlah lansia yang divaksin terus meningkat.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Muhammad Helmy menyebut, pihaknya menargetkan seluruh lansia selesai divaksin sebelum Ramadan.

"Artinya masih kurang sekitar 40 persen yang akan kami capai sebelum Ramadan, sesuai arahan Gubernur DKI, yaitu 95 persen," kata Helmy.

Pemerintah Administrasi Kota Jakarta Selatan mengedepankan cara persuasif mengajak warga lansia mengikuti vaksinasi menyesuaikan karakteristik dan kondisi kesehatan mereka.

Untuk mempercepat vaksinasi kepada warga lansia, Pemkot Jaksel berinisiatif memudahkan dan memberikan kemudahan para usia lanjut untuk dapat hadir di lokasi tempat vaksinasi.

Di DKI Jakarta, bus sekolah juga diterjunkan untuk mobilisasi para tenaga kesehatan. Dan belum lama ini, pemerintah bahkan mengupayakan agar bus sekolah bisa menjemput dan mengantarkan warga lansia ke sentra vaksin terdekat.sinpo

Komentar: