Mabes Polri Kirim 6 Anjing Pelacak Bantu Cari Jasad Korban Bencana NTT

Laporan: Vera
Kamis, 08 April 2021 | 14:22 WIB
Bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT). (Twitter @BNPB_Indonesia)
Bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT). (Twitter @BNPB_Indonesia)

sinpo, Jakarta - Sebanyak 6 ekor anjing pelacak sengaja diterbangkan dari Mabes Polri, Jakarta menuju sejumlah daerah terdampak bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk membantu proses pencarian jasad korban.

"Bantuan K9 (anjing pelacak) ini dari Baharkam Mabes Polri. Saat ini baru saja tiba di Pelabuhan Terung," ujar Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto di Adonara Timur, Kamis (8/4/2021).

Menurut Rishian, keenam anjing pelacak itu akan diterjunkan di dua wilayah, yaitu 3 ekor menuju Kecamatan Adonara Timur di Kabupaten Flores Timur dan 3 ekor ke Kebupaten Lembata.

Dia mengatakan, anjing pelacak yang dikerahkan itu berasal dari SAR Cadaver dengan kemampuan khusus mengendus keberadaan mayat.

"Polri juga mengerahkan dua pawang dari kelompok Polwan yang bertugas mendampingi masing-masing tiga ekor anjing," kata dia.

Seluruh anjing pelacak didatangkan dari Mabes Polri menggunakan armada perjalanan laut dan udara.

"Pengirimannya berbarengan dengan dua kapal logistik. Ada yang dikirim via kapal Polair dan ada juga yang lewat helikopter," jelas dia.

Rishian pun berharap, korban tewas yang masih hilang hingga sekarang dapat segera teridentifikasi jasadnya setelah pencarian diintensifkan lewat bantuan anjing pelacak.sinpo

Komentar: