Bamsoet Ingatkan Penerapan Prokes Terkait Mobilitas Masyarakat Terutama Yang Mudik Lebih Awal

Laporan: Ria
Selasa, 13 April 2021 | 13:09 WIB
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) (Foto: Istimewa)
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) (Foto: Istimewa)

sinpo, Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengatakan Pemerintah perlu lebih serius mengawasi penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19 akibat mobilitas warga. Hal tersebut dikarenakan adanya tren masyarakat yang memilih mudik lebih awal. 

Bamsoet mendukung pemerintah secara tegas menerapkan kebijakan larangan mudik lebaran, dengan menambah jumlah petugas yang mengawasi kepatuhan warga dalam menerapkan kebijakan pemerintah tersebut disamping penerapan protokol kesehatan, terutama di tempatkan di terminal, stasiun ataupun bandara agar mampu mencegah penularan akibat pelaku perjalanan antarkota.

"Meminta pemerintah untuk dapat menyertakan aturan terkait syarat penyertaan hasil tes antigen atau PCR yang harus dipenuhi oleh para pelaku perjalanan antarkota, khususnya yang ditujukan bagi calon penumpang bus. Mengingat, hingga kini persyaratan bagi calon penumpang bus tidak seketat penumpang pesawat udara maupun kereta api, " kata Bamsoet dalam pernyataan tertulis yang diterima sinpo, Selasa, 13 April 2021. 

Ia menekankan agar pemerintah bersama TNI-Polri untuk terus bersiaga dalam mengantisipasi arus mudik ke daerah serta meningkatkan pengawasan di setiap lokasi yang sering menjadi tempat berkumpul masyarakat pada saat libur Hari Raya Idul Fitri. 

Selain itu, ia menyebut, pemerintah perlu terus mengedukasi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, sekaligus mengimbau agar patuh terhadap aturan pemerintah untuk tidak mudik.sinpo

Komentar: