Jokowi Singgung Bipang Ambawang, Roy Suryo : Ini Harus Jadi Evaluasi Tim Istana

Laporan: Tisa
Minggu, 09 Mei 2021 | 18:01 WIB
Pakar telematika dan informatika Roy Suryo/Net
Pakar telematika dan informatika Roy Suryo/Net

SinPo.id, Jakarta - Pakar telematika dan informatika Roy Suryo ikut mengomentari pernyataan Presiden Jokowi yang menyebut Bipang Ambawang sebagai salah satu kuliner yang perlu dipesan lewat online saat lebaran.

Dalam cuitan di akun Twitter pribadinya, @KRMTRoySuryo2, Roy mengatakan pernyatan Jokowi menjadi viral karena ada kata Bipang yang berarti "Babi Panggang".

"Viral statemen pidato yang diunggah akun resmi Kemendag (5/05)ini karena ada jelas kata "Bipang (Babi Panggang) Ambawang," tulis Roy yang dikutip Sinpo.id, Sabtu (8/5).

Kendati demikian, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu meminta masyarakat memaafkan pernyataan Jokowi yang juga manusia biasa. Sebab kata Roy, Jokowi hanya membaca teks yang sudah disiapkan pihak Istana Kepresidenan.

"Sudahlah, ini bulan baik. Maafkan saja presiden yang juga manusia biasa karena hanya membaca teks yang sudah disiapkan," kata Roy.

Roy juga berharap kejadian tersebut menjadi bahan evaluasi oleh pihak Istana Kepresidenan.

"Ini harus jadi evaluasi tim istana," ungkapnya.

Sebelumnya, pidato Presiden Jokowi viral karena menyinggung bipang ambawang salah satu kuliner Kalimantan.

Makanan tersebut diketahui makanan tersebut non halal sehingga tidak dikonsumsi umat muslim.

Dalam video viral yang menjadi perbincangan, Jokowi awalnya membahas soal larangan mudik di tengah pandemi.

"Sebentar lagi Lebaran. Karena masih dalam suasana pandemi, pemerintah melarang mudik untuk keselamatan kita bersama," kata Jokowi dalam video.

Ia pun menyarankan kepada warga yang ingin merayakan Lebaran tapi tak bisa mudik untuk memesan online kuliner khas kampung halaman masing-masing.

Jokowi pun mencontohkan sejumlah makanan dari daerah, salah satunya bipang ambawang kuliner Kalimantan.

"Bagi saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah, atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan Gudeg Jogja, Bandeng Semarang, Siomay Bandung, Pempek Palembang, Bipang Ambawang dari Kalimantan dan lain-lainnya, tinggal pesan. Dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," kata Jokowi.

 

 sinpo

Komentar: