Tentukan Kepastian Lebaran, Sore Ini Menag Pimpin Sidang Isbat

Laporan: Tisa
Selasa, 11 Mei 2021 | 12:30 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil/Net
Menteri Agama Yaqut Cholil/Net

SinPo.id, Jakarta - Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat penetapan 1 Syawal 1442 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri sore ini, Selasa (11/5).

Adapun sidang Isbat akan berlangsung di Auditorium H.M. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta.

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan karena masih pandemi,  sidang isbat digelar secara terbatas (daring dan luring).

"Kemenag hari ini, Selasa (11/5) akan gelar Sidang Isbat Awal Syawal 1442 H/2021 M," ucap Kamaruddin, Selasa (11/5).

Berdasarkan jadwal, sidang akan dimulai dengan mendengarkan seminar posisi hilal penentu 1 Syawal 144 Hijriah oleh Anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya pada pukul 17.00 WIB. 

Kamaruddin menuturkan nantinya sidang Isbat awal Syawal akan dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pukul 18.00 WIB. 

"Sidang Isbat awal Syawal dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas jam 18.00 WIB setelah salat Magrib, hanya diikuti undangan dan bersifat tertutup," kata Kamaruddin.

Selanjutnya pada pukul 19.15 dilanjutkan telekonferensi Pers Pengumuman Hasil Sidang Isbat awal Syawal 1442 H.

Tak hanya itu, Kamaruddin menyebut pihaknya juga menyiapkan aplikasi pertemuan dalam jaringan (zoom meeting), baik untuk peserta sidang maupun media. 

Pasalnya peliputan juga akan dilakukan secara terbatas. 

"Kemenag bekerjasama dengan TVRI untuk menjadi TV Pool. Media yang ingin menyiarkan sidang isbat awal Syawal bisa berkoordinasi dengan TVRI. Kami juga memanfaatkan medsos Kemenag untuk melakukan live streaming," tandasnya.

Kemenag menjadwalkan akan melakukan rukyatul hilal pada 88 titik di seluruh Indonesia. 

Untuk di DKI Jakarta misalnya, rukyatul hilal akan dilaksanakan di Gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta lantai 7, Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Asy'ari Jakarta Barat. sinpo

Komentar: