Fachrul Razi Desak Pemerintah Stop TKA China Masuk Ke Indonesia

Laporan: Ria
Rabu, 19 Mei 2021 | 07:43 WIB
Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi / Ist
Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi / Ist

SinPo id, Jakarta - Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi menyoroti Ratusan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China masuk ke Indonesia di masa kebijakan larangan mudik lebaran 2021 berlaku, Selasa (18/5). 

Fachrul Razi turut meminta penjelasan pemerintah dibuka ke publik terkait masuknya TKA China tersebut, 

" Kita mendesak Pemerintah menyetop masukmya TKA China ke Indonesia," kata Fachrul dalam keterangan tertulis yang diterima SinPo.id, Rabu (19/5). 

Menurut Info yang beredar dipublik kedatangan TKA China sebagai banyaknya proyek investasi yang membutuhkan tenaga kerja dari negeri tirai bambu tersebut. 

Fachrul Razi menambahkan, bahwa seharusnya pemerintah lebih peka dan menunjukkan keberpihakan terhadap buruh-buruh lokal yang sudah menderita karena pandemi Covid-19 dan upah tahun kemarin juga tidak naik signifikan. 

Masuknya ratusan warga negara China ke Indonesia di tengah larangan mudik Lebaran menjadi sorotan publik. Fachrul Razi menyayangkan bila mereka dipekerjakan di proyek strategis nasional tanpa melihat potensi pekerja lokal. 

" Kualitias pekerja lokal tidak kalah dengan pekerja asal China. Indonesia sendiri kini sedang menghadapi wabah Covid-19 yang belum selesai. Bila kelak, sudah selesai bisa dipikirkan lagi soal TKA asal China itu," tuturnya. 

Menurutnya, sangat disayangkan, protes dan penolakan masyarakat seakan tidak didengar oleh pemerintah. Semakin ditolak, malah semakin banyak yang datang. Bahkan, sekali penerbangan bisa membawa ratusan rombongan.sinpo

Komentar: