Apatah toedjoeannja didikan?

Laporan: Ria
Sabtu, 19 Mei 1923 | 17:05 WIB
Education is a conscious or voluntary evolution? Thomas Davidson, History of education / Monash University Library's Asian Collections
Education is a conscious or voluntary evolution? Thomas Davidson, History of education / Monash University Library's Asian Collections

SinPo id, Apatah toedjoeannja didikan ? Sebagi djoega laen-laen per tanjakan poen ini pertanjahan bisa didjawab dengen ambil roepa-roepa djalanan. ürang jang’ pandang didikan dari pe- mandangan sociaal aken kasi djawaban jang berlaenan dari orang jang pandang didikan sebagi satoe bagian dari psy chhologie. Tetapi djocstroe lantaran sasoeatoe omng mempoenjai pendapetan sendiri, djoestroc lantaran masing-masing kasi djawaban jang berlaenan, orang djadi bisa dapet pemandangan jang loeas. Kaloe kita andeken didikan sebagi satoe barang, kita boleh kata jang satoe pandang ini ”barang” dari seblah atas, jang laen dari seblah bawah dan jang katiga dari samping kiri atawa kanan. hantaran ini kita ada harepan boeat dapetken artinja jang loeas dari didikan, dan toedjoeannja didikan.

Plato satoe achii pemikir bangsa Griek di djeman doeloe bilang, toedjoeannja didikan tiada laen dari mem- bangoenken perasahan soeka pada se- gala apa jang indah dan moelia. Bangsa Griek ada itoe bangsa jang termashoer lantaran iaorang poenja pa- toeng-patoeng, gedong-gedong dan laen- lacn barang kunst jang indah kaindannya alam boleh dianggep sebagi satoe bal jang paling penting oleh orang Griek, jang mempoenjai banjak asthetischen zin atawa perasahan aloes tentang ka- indahan. Tiada poen heran Plato sebagi ini bangsa poenja poedjonggo kasi difinitie jang berdasar atas perasahan tentang kainclahan. ”Segala apa jang indah dan moelia” artinja loeas sekali kaindahannja alam seperti laoetan fonië d i mana praoe- praoe lajar seperti melajang sebagi awan-awan di langit jang biroe, ada kaindahan : tetapi djoega kabagoesan satoe vaas atawa ampbora ada kaindahan?seperti cljoega karangan-karangan- nja „Symposion". Djoega kamoeliahan boleh dipandang sebagi „kaindahann, jalah kaindahan dalem pri kamanoesiahan. Plato poenja anggepan boleh dibilang acla sampe loeas dan dalem artinja? tetapi biar begimana loeas atawa dalem puen didikan masi ada poenja bagian - bagian laen jang tida „termasoek" da- lem Plato poenja pemandangan.

Sekarang baeklah 'kita lontjatin be- l)rapa abad dan bitjaraken Pestalozzi poenja pendapetan. Menoeroet ini djoeroe pendidik bang- sa Zwitser jang terkenal, toedjoeannja didikan, jalah kasi ban toea n pada alam (Natuur). .Alam boleh dipandang sebagi satoe djoeroe pendidik dari kamanoesiahan ;alam soeda didik manoesia dari koetika i_a masi biadab sampe di ini masa, tetapi tadinja manoesia tida mendoesin dirinja dididik oleh alam. „Man was being educated for aeons before he himself took any part in the process as educator” (John Adams, The evolution of educational theory, p. 82) Plahan-plahan manoesia ambil bagian dalem mendidik kamanoesiahan dan plahan-plahan kasi ban toean pada alam dalem ia poenja pakerdjahan mendidik. Manoesia jang tadinja tjoema manda sadja dirinja dididik mendjadi toeroet didik diri sendiri bersama-sama alam. Uari ini pemandangan toedjoeannja didikan boleh dibilang ada kasi ban- tocan pada alam. Anak ketjil jang terlahir ada meni- poenjai sifat-sifat jang ia dapet trima dari alam clan orang jang djadi ia poenja pendidik moesti perhatiken ini sifat- sifat soepaja bisa toentoen sang anak ka cljoeroesan jang baek. Menoeroet pendapetannja djoeroe-djoeroe pendidik djeman sekarang, sifat-sifat jang cli kas i oleh alam tiada bisa dilinjapken, tetapi tjoema bisa dikasi „cljalanan" jang baek. Freud poenja ” sublimation’’-theorit ada berhoeboeng dengen ini hal. Didikan tiada bisa lawan atawa ban- tras kakwasahannja alam, tetapi tjoema bisa kasi ban toean pada alam. * Pemandangannja Pestalozzi tentang toedjoeannja didikan kasi kita liat oeroesan dari laen pemandangan. Pcstallozi pandang didikan berhoeboeng dengen keadahannja alani. Manoesia ia anggep sebagi pembantoe dari alam dalem oeroesan didikan. Thomas Davidson poenja anggepan pocn ada demikian. Dalem iapoenja „History of education” (p.i) ia ada toelis: ”Education is a conscious or voluntary evolution’’ atawa kira-kira „Didikan ada evolutie jang ada dalem tangannja manoesia”. Djalannja alam jang dengen plahan bikin manoesia jang biadab dan manoesia jang saparo biadab djadi manoesia jang seperti sekarang dan manoesia jang sekarang mendjadi (me- noerQet kapertjajahannjaidealist-idealist) Übermensch orang namaken evolutie. Seperti tadi soecla dinjataken, tadinja alam bikin kamanoesiahna madjoe zonder ia merasa sendiri? plahan-plahan manoesia baroe ambil bagian dalem ini evolutie; evolutie djadi „conscious” atawa terasa. Sasoedanja manoesia mendoesin ia ada dalem keadahan evolutie, tim- boellah itoe kainginan aken „tjepatken" djalannja evolutie dengen kasi bantoean pada alam dan lantaran ini timboel la h roepa-roepa pengatahoean, antara laen-laen pengatahoean tentang didikan. Evolutie jang tadinja berdjalan zonder dirasa mendjadi „conscious” dan kamoedian lagi djadi di’inginken dan ditoedjoekcn. „Conscious evolution" mendjadi „consicious and voluntary evolution". 

Ini pemandangan dari Davidson boleh d i boeat dasar dari satoe „sociaal idealisme”. Didikan djadinja boekan ada satoe kapentingan boeat satoe orang atawa poen satoe djeman sadja, hanja ada satoe kapentingan boeat semoea manoesia dalem segala djeman. Didikan, dalem ini pemandangan ada satoe penjoerocng kamadjoean dari inanoesia, dan djoega ada satoe antara factorfactor jang tetapken djalannja evolutie. Dalem ini pemandangan.kamanoesiahan boekannja ada machlock-machloek jang passief, tetapi jang actief jang sabagian pegang nasibnja dalem tangan sendiri. Ini bisa menggoembiraken orang dan kagoembirahan ada satoe hal jang ])en- ting boeat kamadjoean, boekan sadja dari satoe orang tetapi poen clari satoe bangsa, ja dari kamanoesiahan.

Dalem ia poenja „Pacdagogischc fragmenten" (p. 4.) Dr. P. H. Ritter ada bilang : Toedjoeannja didikan jalah ilangken kaperloeannja djoeroe pendidik atawa dengen lebih teges sang goeroe atawa orang toea dengen plahan-plahan moesti kedja sang moerid atawa anak djadi bisa didik diri sendiri, hingga tiada perloe dapet toentoenan dari laen orang. Dr. Jac. van Ginnekcn bandingken satoe djoeroc pendidik dengen satoe lilin jang lagi menjala dan semingkin lama semingkin.............. abis, („lichtverspreidencl zelf vergaat"). Ini pemandangan ada berdasar atas aliran individualisme jang ingin soepaja manoesia terlepas dari pimpinan loear. Sa soeatoe orang moesti salekas-lckas- nja bisa oeroes diri-sendiri dan satoe djocroe pendidik dari itoe sabisa-bisanja dan salekas-lekasnja lepas sang moericl. Montessori dasarken ia poenja methode atas ini principe. Orang sabisa-bisanja moesti didik diri-sendiri dan lantaran ini toedjocan- nja didikan tiada laen clari kcdja sang moerid m a m p o e aken didik cliri- sendiri.

Ini soeal tentoe sadja tiada bisa dibitjaraken salcngkapnja dalem satoe soera t kabar; kita belon bitjaraken anggepannja Herbart, anggepannja Gustave lc I5on jang namaken didikan „l'art de faire passe le conscien t dans 18 inconscient” Psychology de VEducation) dan banjak laen-laen lagi, tetapi boeat ini kali apa jang ditoetoerken cli atas kita rasa tjoekoep.sinpo

Komentar:
BERITALAINNYA
Koran Sin Po, 24 Maret 1928, (Monash University/SinPo.id)
Organisatie Tionghoa.
Minggu, 24 Maret 2024
Koran Sin Po 20 Maret 1926 (Monash University/SinPo.id)
“Bandjir besar di Brebes,”
Rabu, 20 Maret 2024
Koran Sin Po, 3 Maret 1928 (Monash University/SinPo.id)
Sifat nationaal dari sekola.
Minggu, 03 Maret 2024
Koran Sin Po, 19 Februrai 1927 (Monash University/SinPo.id)
Psychology dari Inggris.
Senin, 19 Februari 2024
Koran Sin Po, 6 Februari 1932 (monash University/SinPo.id
Poehoen-poelweai asing di Amerika.
Selasa, 06 Februari 2024