PDIP Ingin Pilpres 2024 Hanya Dua Pasang Calon

Laporan: Lilis
Jumat, 28 Mei 2021 | 17:50 WIB
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto/Net
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto/Net

SinPo.id - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto berharap dalam Pemilu 2024 hanya akan dua pasangan calon saja. Sehingga, energi bisa disalurkan untuk mengatasi berbagai macam persoalan.

"Kami akan membangun koalisi sehingga paling tidak Pemilu ke depan itu hanya diikuti oleh dua pasangan calon, jadi tidak ada dua ronde supaya energi kita ini bisa difokuskan mengatasi berbagai persoalan," kata Hasto dalam diskusi daring, Jumat (28/5).

Hasto menambahkan partainya terbuka untuk berkoalisi dengan partai manapun. Diantaranya dengan Gerindra, PAN, hingga PKB. Soal opsi berkoalisi dengan Gerindra, Hasto mengatakan PDIP dan Gerindra memang memiliki kedekatan secara ideologis, kultural, organisasi, serta basis massa. Sehingga menjadi pertimbangan untuk bekerja sama.

"Karena memang melihat bagaimana kwdekatan hubungan Pak Prabowo dengn Ibu Megawati karena selain aspek ideologi faktor kedekatan kultural, kedekatan organisasi, kedekatan basis massa, kedekatan dari aspek strategi untuk meperluas basis masa itu juga akan menjadi pertimbangan," kata Hasto.

PDIP, lanjut Hasto juga berpeluang berkoalisi dengan PAN, PKBm dan PPP.

"Jadi prinsipnya kami bangun aliansi dan kerja sama itu juga mereka yang, terhadap republik ini 1912 berdiri Muhammadiyah, salah satunya lahirlah PAN, kami cocok, kemudian 1926 ada NU, lahir PKB dan PPP, kami cocok, 1945 berdiri dengan TNI, pak Prabowo dari tni, kami cocok," kata Hasto
 sinpo

Komentar: