BRIN Sosialisasikan Formasi Sains dan Teknologi Penerbangan CASN 2021

Oleh: Agam
Rabu, 14 Juli 2021 | 20:12 WIB
dok.BRIN
dok.BRIN

SinPo.id - BRIN kembali mensosialisasi seleksi CASN BRIN 2021 dalam webinar bertajuk "Core Formasi Sains dan Teknologi Penerbangan dan Antariksa”, pada Rabu, (14/7).

Terdapat 325 formasi yang dibuka dengan rincian 104 formasi CPPPK untuk formasi Peneliti Ahli Madya dan 221 formasi CPNS untuk formasi Peneliti Ahli Muda dengan pendidikan S3.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin mengatakan, sebagai space agency yang mendapat amanat melaksanakan pengembangan, penelitian kedirgantaraan serta pemanfaatannya, dan penyelenggaraan keantariksaan yang saat ini berada dalam integrasi besar BRIN turut membuka kesempatan peneliti dan periset doktor bergabung bersama LAPAN.

“Para peneliti, diaspora, dan para doktor yang mempunyai kompetensi di bidang yang terkait penerbangan dan keantariksaan kita dorong untuk bisa bergabung dengan LAPAN dalam wadah besar BRIN,” jelas Thomas Djamaluddin dalam keterangannya.

Thomas Djamaluddin berharap melalui fasilitas-fasilitas yang dimiliki LAPAN saat ini yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia akan mampu memberikan sarana dukungan nyata dan daya tarik kepada para calon-calon peneliti dan periset untuk dapat bergabung bersama LAPAN dalam upaya menghasilkan riset dan inovasi di bidang kedirgantaraan dan antariksa.

“Dengan beberapa fasilitas yang ada, diharapkan ini menjadi fasilitas yang nantinya bisa terus dikembangkan dalam wadah besar BRIN bersama dengan tenaga-tenaga baru yang kami harapkan bergabung. Diaspora, para fresh graduate doktor untuk bisa mengembangkan teknologi kedirgantaraan dan antariksa di LAPAN,” terang Thomas Djamaluddin.

Sementara itu Anita Widiastuti selaku Biro SDM, Organisasi, dan Hukum LAPAN sebagai bagian Tim Seleksi CASN BRIN 2021 mengungkapkan seluruh CASN 2021 kali ini formasi LAPAN sudah diintegrasikan dalam BRIN.

“Kalau misalnya ada rekan-rekan yang bertanya mana formasi LAPAN, mana formasi LIPI atau BATAN, kita sekarang sudah terintegrasi ke dalam BRIN. Sehingga sudah dalam satu wadah yaitu di BRIN, tata cara pendaftaran dapat diakses melalui casn.brin.go.id,” ungkap Anita.

Turut hadir sebagai narasumber dalam webinar ini Kepala Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa LAPAN Robertus Heru Triharjanto, Plt. Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN M. Rokhis Khomarudin, dan Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Pusbindiklat LIPI) sekaligus tim teknis seleksi CASN BRIN 2021, Ratih Retno Wulandari.sinpo

Komentar: