Politisi PDIP: Vaksinasi Harus Digenjot Terus Untuk Capai Target Herd Immunity

PPKM LEVEL 4

Laporan: Tisa
Senin, 26 Juli 2021 | 18:30 WIB
 Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo/Net
Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo/Net

SinPo.id - Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mengajak semua pihak menjadikan masa pemberlakuan PPKM level 4, saat ini, sebagai momentum untuk  mengenjot program vaksinasi. 

Hal tersebut kata Rahmad harus dilakukan pemerintah untuk mencapai herd immunity.

"Selain menjalankan protokol kesehatan secara ketat, program vaksinasi adalah senjata utama kita dalam perang melawan Covid-19. Karena itu, vaksinasi harus digenjot terus menerus hingga mencapai target herd immunity," ucap Rahmad  kepada wartawan di Jakarta, Senin (26/7)

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan keyakinannya, jika saja semua elemen bangsa bergerak bersama, bekerja dengan segala daya dan upaya yang ada, maka target vaksinasi  2011 akan tercapai.

"Semestinya tidak ada lagi desa dan kecamatan di Indonesia yang tidak menyelenggarakan vaksinasi. TNI dan Polri yang punya perangkat hingga ke desa, termasuk bidan desa dilibatkan semua. Intinya, tidak ada hari tanpa vaksinasi," kata dia.

Kemudian kata Rahmad, kurangnya angka vaksinasi. Mengutip data terbaru dari satgas Covid-19,Minggu (25/7) angka vaksinasi dosis pertama baru mencapai 21,35%. Adapun vaksinasi dosis baru mencapai 8,60%. 

"Angka ini masih jauh untuk capaian herd immunity yang mensyaratkan vaksinasi harus mencapai 70 persen dari jumlah penduduk," tutur Rahmad. 

Tak hanya itu, Rahmad menuturkan kekebalan kelompok atau held immunity memang harus dikejar untuk menghentikan Covid-19. 

"Teori  herd immunity ini terbukti manjur, terlihat saat Piala Eropa yang baru saja berlalu. Masyarakat penggila bola menonton idolanya di stadion bahkan tanpa masker.  Kalaupun ada kasus, bisa dikatakan kecil sekali dan langsung bisa teratasi," ujarnya 

Karena itu, Rahmad berharap, persoalan distribusi vaksin tetap jadi perhatian dimasa PPM level 4.  

Apalagi, katanya, vaksin ada masa kadaluarsanya sehingga stok yang sudah ada harus segera diinjeksikan agar tak mubazir. 

"Distribusi vaksin bisa diprioritaskan dari perhitungan proporsi masyarakat kota sesuai tingkat keparahan zona dan target 70 persen herd immunity tadi. Misalnya, seperti di Kota Sorong, Papua Barat yang cakupan vaksinasinya per 8 Juli 2021 masih rendah (14,17 persen). Padahal kota ini masuk zona merah," tutur Rahmad.

Rahmad mengatakan ada beberapa catatan yang perlu jadi perhatian dalam distribusi vaksin. Pertama,  akses masyarakat memperoleh vaksin harus dipermudah. Ruang publik di seluruh Indonesia harus diperbanyak hingga tingkat kecamatan dan desa. 

Ditambahkan, kerja sama dengan pihak swasta harus lebih ditingkatkan lagi. Dikatakan, brand-brand besar seperti e-commerce Shopee, Tiket.com, Gojek, bahkan Konimex telah melakukan upaya tersebut.

"Intinya ya harus tiada hari tanpa vaksinasi hingga di level terendah. Bahkan jika perlu melakukan pendekatan rumah ke rumah untuk  pengecekan dan vaksinasi. Bisa diambil contoh negara Amerika Serikat yang sukses melakukannya," ucapnya.

Terkait hal tersebut, Rahmad mengatakan, pihaknya mengapresiasi  Badan Intelijen Negara (BIN) telah melakukan inisiatif serupa di kawasan Bandung Barat dan efektif menjangkau 70 persen masyarakat yang sebelumnya tak tersentuh. 

"Tentu keberhasilan metode ini perlu diapresiasi dan disebarluaskan di tingkat nasional," tandasnya. sinpo

Komentar: