Terapi aaPRP Disebut Ampuh Atasi Covid-19, Dasco Temui dr Karina

Laporan: Lilis
Selasa, 10 Agustus 2021 | 12:29 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dan Kepala HayandraLab Klinik Hayandra, dr Karina F. Moegni/Ist
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dan Kepala HayandraLab Klinik Hayandra, dr Karina F. Moegni/Ist

SinPo.id - Wakil ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad  melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Klinik Hayandra, Senen, Jakarta Pusat. Klinik ini merupakan klinik dengan metode terapi autologus activated platelet-rich plasma (aaPRP) untuk penderita Covid -19.

Terapi yang dilakukan oleh klinik Hayandra dengan menurunkan badai sitokin yang dapat yang menyebabkan kematian pada pasien berat kritis. 

Koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPR RI ini menuturkan dengan menggunakan peralatan yang sederhana dan relatif murah, hal itu merupakan kabar bagus untuk rakyat Indonesia dan dunia kesehatan. 

"Dengan izin-izin yang sudah ada dan sekarang sudah melakukan riset by servis dimana dengan peralatan yang sederhana dan relatif murah hanya dengan berbekal Kit seperti ini dan ada cairan yang sudah dipatenkan ini, setiap rumah sakit bisa melakukan prosesnya dan alih teknologinya mudah sekali untuk menterapi pasien covid dari yang sedang, ringan sampai dengan berat," kata Dasco kepada Wartawan, di Senen, Jakarta Pusat, Selasa (10/8). 

"Ini kabar bagus untuk rakya Indonesia dan apa dunia kesehatan bahwa terapi pasien untuk terapi pasien covid kita sudah ada,  tinggal dimasifkan di seluruh negeri demikian," terang Dasco. 

Ia sempat berbincang mengenai terapi AAPRP dengan Kepala HayandraLab Klinik Hayandra, dr Karina F. Moegni, SpBP. 

Dasco juga menyampaikan bahwa dengan peralatan sederhana dan juga terapi itu diambil dari dalam tumbuh pasien sendiri. Ia juga menambahkan bahwa terapi itu telah melewati tahap uji klinis. 

"Kalau alatnya sederhana tapi yang paling penting ini terapinya adalah dari dalam tubuh sendiri jadi darahnya diambil diproses mungkin 1,5 jam kemudian disuntikan lagi dan itu biasanya kalau menurut uji klinis 1 sampai 3 kali terapi itu biasanya sudah efektif," ujar Dasco. 

Politisi Partai Gerindra ini mengatakan, terapi ini diketahui lebih aman untuk dilakukan. 

"Sehingga ini relatif aman dan tadi saya bilang alih teknologinya juga tidak sulit dan di rumah sakit rumah sakit di Indonesia itu bisa melakukan secara massal," pungkas Sufmi Dasco Ahmad.

Dalam sidak kali ini, para anggota satgas lawan covid-19 yang hadir diantaranya Wihadi Wiyanto, Bambang Hariyadi, Andre Rosiade, Habiburokhman, Emaneul Melkiades Laka Lena,  Fauzi Amro dan Charles Meikyansah. sinpo

Komentar: