Jokowi: Pandemi Memacu Perubahan Dan Berbagai Cara Baru

Laporan: Poppy
Senin, 16 Agustus 2021 | 09:38 WIB
Presiden Joko Widodo Saat Pidato Sidang Tahunan MPR RI/Repro
Presiden Joko Widodo Saat Pidato Sidang Tahunan MPR RI/Repro

SinPo.id- Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut pandemi membawa beberapa hikmah serta perubahan. Hal itu ia sampaikan dalam pidato sidang tahunan MPR RI, Senin (16/8).

Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan bahwa pandemi Covid-19 telah memacu kita untuk berubah, mengembangkan cara-cara baru, meninggalkan kebiasaan lama yang tidak relevan, dan menerobos ketidakmungkinan. 

"Kita dipaksa untuk membangun normalitas baru dan melakukan hal-hal yang dianggap tabu selama ini. Memakai masker, menjaga jarak, tidak bersalaman, dan tidak membuat keramaian, adalah kebiasaan baru yang dulu dianggap tabu," kata Jokowi dalam pembukaan pidatonya, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8).

"Bekerja dari rumah, belanja daring, pendidikan jarak jauh, serta rapat dan sidang secara daring, telah menjadi kebiasaan baru yang dulu kita lakukan dengan ragu-ragu," tuturnya. 

RI 1 ini menuturkan, di tengah dunia yang penuh disrupsi sekarang ini, karakter berani untuk berubah, berani untuk mengubah, dan berani untuk mengkreasi hal-hal baru, merupakan fondasi untuk membangun Indonesia Maju. 

"Kita telah berusaha bermigrasi ke cara-cara baru di era Revolusi Industri 4.0 ini, agar bisa bekerja lebih efektif, lebih efisien, dan lebih produktif. Adanya Pandemi Covid-19 sekarang ini, akselerasi inovasi semakin menyatu dalam keseharian kehidupan kita," ujar Jokowi.sinpo

Komentar: