Bangganya Indonesia Mampu Raih Beragam Medali Di Ajang Olimpiade Tokyo 2020

Laporan: Vera
Jumat, 20 Agustus 2021 | 09:19 WIB
Atlet Indonesia/Ist
Atlet Indonesia/Ist

SinPo.id - Sederet medali emas hingga perunggu berhasil diraih Indonesia dalam Olimpiade Tokyo 2020. 

Ternyata, prestasi dalam ajang olahraga akbar itu juga diukir oleh aparatur sipil negara (ASN). 

Para atlet dan wasit yang terlibat pada ajang empat tahunan itu adalah potret nyata dari moto Bangga Melayani Bangsa. 

Capaian sejarah yang ditorehkan oleh kontingen Indonesia tersebut mendapat apresiasi dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB). 

Mewakili MenPANRB Tjahjo Kumolo, Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni menyampaikan ucapan selamat atas prestasi tersebut dalam Talkshow ASN BerAKHLAK dan Bangga Melayani Bangsa Edisi Spesial Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar secara virtual. 

“Selamat atas prestasi yang diraih oleh Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang meraih medali emas cabang olah aga bulu tangkis ganda putri, Eko Yuli Irawan dengan medali perak cabang olahraga angkat besi, Wahyana yang diberikan kepercayaan sebagai wasit partai final bulu tangkis tunggal putri, serta seluruh kontingen Indonesia dalam Olimpiade Tokyo 2020,” ungkap Alex Denni.

Selaras dengan tema Peringatan Kemerdekaan RI ke-76 tahun ini yakni Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, kontingen Indonesia menunjukkan semangat perjuangan untuk dapat tetap bertahan, tumbuh, dan berkembang melalui bidangnya, yakni olahraga. 

Hal tersebut juga selaras dengan pengamalan employer branding ASN yakni Bangga Melayani Bangsa. 

Kontingen Indonesia yang dalam talkshow kali ini diwakili oleh atlet bulu tangkis Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, atlet angkat besi Eko Yuli Irawan, serta wasit bulu tangkis Wahyana menggambarkan bahwa perjuangan mereka menuju dan selama Olimpiade menggambarkan budaya kerja yang baik sehingga dapat menorehkan prestasi, bahkan mengukir sejarah bagi Indonesia di laga internasional. 

Alex menyampaikan perjuangan kontingen Indonesia tersebut merupakan bukti budaya kerja dengan mengamalkan nilai dasar ASN yakni BerAKHLAK, yang terdiri dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Komitmen.

Dengan semangat juang yang tinggi dan dengan memegang teguh semangat Bangga Melayani Bangsa yang merupakan employer branding ASN, maka prestasi yang bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga prestasi bagi negara tersebut dapat diraih. 

“BerAKHLAK kini menjadi pegangan seluruh ASN dan dengan Bangga Melayani Bangsa menunjukkan bahwa kinerja, pengabdian, dan kerja keras ASN semata untuk kepentingan bangsa dan negara,” kata Alex. 

Tentunya, pengamalan Bangga Melayani Bangsa telah banyak diterapkan, dipraktikkan, dan dicontohkan di berbagai bidang tugas dan berbagai sektor pemerintahan. 

Hasil yang ditorehkan dalam Olimpiade Tokyo 2020 tersebut menjadi contoh dari ASN yang berprofesi sebagai atlet dan di bidang olahraga. 

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan bahwa dirinya dan Kementerian Pemuda dan Olahraga mengapresiasi nilai dasar BerAKHLAK serta Bangga Melayani Bangsa. 

Terutama juga, kata dia, penerapan yang dilakukan oleh para atlet, pelatih, dan wasit dalam kontingen Indonesia yang membawa harum nama bangsa Indonesia. 

“Prestasi oleh atlet dan wasit yang hadir pada talkshow kali ini juga merupakan ASN, dimana mereka dapat menjadi pemantik semangat bagi ASN lainnya. Dengan ragam aktivitas yang dimiliki oleh ASN secara keseluruhan, tidak berarti menghalangi dan tetap dapat berprestasi,” ujar Zainudin. 

Disampaikan, Olimpiade bagi atlet merupakan pencapaian karier tertinggi. Untuk dapat berpartisipasi, berkompetisi, dan meraih prestasi, tentu bukan hanya kebangsaan diri sendiri, namun juga kebanggaan bangsa. 

“Ini menjadi kebangaan juga bagi ASN di seluruh Indonesia, dimana ada bagian dari ASN yang membawa nama baik, mengharumkan nama bangsa, dan tentunya kebanggaan masyarakat Indonesia secara keseluruhan,” kata Zainudin. 

Melalui talkshow edisi special Olimpiade Tokyo 2020 ini, diharapkan dapat menjadi inspirasi dan memantik semangat ASN di seluruh Indonesia untuk dapat fokus sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing sehingga dapat berprestasi. 

Lebih dari itu, juga dapat menginternalisasi nilai dasar BerAKHLAK dalam melakukan pekerjaan sehari-hari sehingga dapat menerapkan employer branding ASN, yakni Bangga Melayani Bangsa.sinpo

Komentar: