13 Tentaranya Tewas Di Bandara Kabul, AS Balas Tembakan Drone Ke Markas ISIS

Oleh: Riri
Sabtu, 28 Agustus 2021 | 14:44 WIB
Militer AS/Net
Militer AS/Net

SinPo.id - Militer Amerika Serikat (AS) membalas serangan bom bunuh diri yang terjadi di Bandara Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan pada Kamis, (26/8) malam. Dikutip dari Aljazeera, Amerika membalasnya dengan meluncurkan serangan drone ke Afghanistan Timur.

Komandan Pusat Militer AS, Kapten Bill Urban menjelaskan, target serangan udara tak berawak di Provinsi Nangarhar Afghanistan adalah kelompok yang berafiliasi dengan ISIS.

"Indikasi awal adalah bahwa kami membunuh target. Kami tahu tidak ada korban sipil," tuturnya.

Sebagai informasi, serangan bom bunuh diri  yang terjadi di Bandara Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan pada Kamis, (26/8) malam terjadi saat pasukan militer AS mengevakuasi warga Afghanistan yang putus asa karena pemerintahan Taliban. Akibat insiden tersebut, 72 orang dilaporkan tewas, 13 diantaranya adalah pasukan militer AS.

Serangan di Bandara Kabul tidak dilancarkan oleh ISIS langsung melainkan oleh ISIS-K (Khorasan). ISIS-K adalah afiliasi dari ISIS yang secara khusus beroperasi di Afghanistan dan Pakistan. Mereka terbentuk di tahun 2014 dan disebut-sebut sebagai salah satu musuh Taliban di Afghanistan.sinpo

Komentar: