Waspada! 8 Aplikasi Ini Bisa Rampok Data Dan Uang Pengguna Android

Oleh: Riri
Sabtu, 28 Agustus 2021 | 15:44 WIB
Ilustrasi Aplikasi di Android/SinPo
Ilustrasi Aplikasi di Android/SinPo

SinPo.id - Para pengguna handphone Android nampaknya harus lebih berhati-hati terhadap sejumlah aplikasi yang tersedia di Google PlayStore.

Melansir Times of India, baru-baru ini, Kepolisian Belgia menemukan virus Joker yang menyerang perangkat Android.

Sekadar informasi, virus Joker merupakan salah satu malware yang paling gigih mengincar handphone Android. Virus yang pertama kali ditemukan pada 2017 silam itu, dapat merampok data dan uang korbannya.

Cara kerja virus ini adalah dengan disusupkan di aplikasi yang ada di Google Play Store. Virus Joker disebut bekerja dengan membuat ponsel berlangganan layanan premium atau berbayar secara diam-diam tanpa persetujuan sehingga uang korban dikuras tanpa disadari.

"Program jahat ini telah terdeteksi di delapan aplikasi Play Store yang telah disembunyikan Google," kata Kepolisian Belgia dalam sebuah pernyataan.

Virus Joker ini berhasil ditemukan oleh peneliti di Quick Heal Security Labs pada Juni 2021. Temuan itu kemudian dilaporkan dan kini Google telah menghapus 8 aplikasi tersebut dari Play Store.

Kendati demikian, ancaman virus Joker masih ada, apabila aplikasi itu masih terpasang di handphone pengguna. Oleh karena itu, para pengguna Android disarankan untuk menghapusnya.

Berikut 8 aplikasi tersebut:

1. Auxiliary Message
2. Element Scanner
3. Fast Magic SMS
4. Free CamScanner
5. Go Messages
6. Super Message
7. Super SMS
8. Travel Wallpaperssinpo

Komentar: