Koetoe-Koetoe Sebagi Dokter

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 12 Oktober 1935 | 12:29 WIB
Judul
Judul

SinPo.id -KITA sering denger bahoea koetoe -koetoe, teroetama jang sanget aloes sebagi bacterien, ada sanget djahat dan berbahaja. Boekan sadja bacterien bikin sakit dan mati banjak orang, tapi laen matjem koetoe-koetoe (insecten) poen meroegiken manoesia boekan sedikit.

Binatang rajap sadja saban taon bikin eigenaars roemah di Amerika Sariket koedoe ngodol 30 millioen dollar.

Djoemblah karoegian oewang saban taon di Amerika Sariket jang diterbitken oleh koetoe-koetoe jang bikin roesak tetaneman dan barang makanan ada lebih besar dari antero ongkos onderwijs di sana dan ampir doea kali lipet ongkos boeat rawat balatentara dan semoea kapal-kapal perang dari Amerika Sariket.

Toch ada sanget kliroe kaloe orang lantas kira bahoea semoea koetoe ada djahat dan haroes dibasmi salekasnja ...kaloe bisa! Antara 500.000 matjem koetoe-koetoe di doenia jang moesti dipandang sebagi moesoe manoesia betoel-betoel tjoema ada ...... 300 matjem!

Antara koetoe-koetoe jang bergoena oepama boleh diseboet oeler soetra.

Schellak jang terkenal dan digoenaken boeat plitoer dan demikian poen terbikin dari koetoe-koetoe (cochineal insects).

Boeat pengataoean poen koetoe-koetoe pegang rol penting; dalem laboratoria boeat preksa penjakit kanker, sekarang orang liat banjak matjem insecten digoenaken sebagi proefdieren.

Lebih djaoe ada insecten jang bisa berlakoe sebagi.......... dokter! Dr. Albert Dickman toelis dalem Scientific American paling blakang orang dapet kanjatahan bahoea ratjoen antoek tawon bisa digoenaken sebagi obat...... ...rheumatiek!

Hingga binatang tawon boekan sadja bergoena sebab kaloearin inadoe dan lilin, tapi poen ternjata ada sematjem apotheek idoep.

Belatoeng-belatoeng (maggots) ternjata bisa bantoe bikin bersi loeka - loeka dengen makanin bagian boesoek -dari daging jang loeka, hingga ada dokter jang goenaken ini koetoe - koetoe boeat bersiken loeka! (Liat gambar).

Bebrapa dokter di waktoe paling blakang dapet kanjatahan bahoea ini matjem koetoe poen mempoenjai sematjem dzat dalem badannja jang tjegah toemboenja koetoe-koetoe penjakit (bacteriën) jang berbahaja.

Dokter-dokter terseboet soeda berhasil boeat bikin serum dari koetoe-koetoe maggots boeat injectie loeka dan dalem banjak hal hasilnja mempoewasken sekali.

Sebagi penoetoep boleh diwartaken bahoea dokter-dokter poen lagi asik lakoeken penjelidikan tentang satoe matjem koetoe jang terkenal sebagi „waxmoth” atawa „beemoth”.

Ini koetoe ternjata ada sanget koeat terhadep koetoe...... penjakit tuberculose. Sadjoemblah koetoe tuberculose jang bisa bikin mati satoe kendang penoe babi, kaloe dimasoekin dalem badannja koetoe „waxmoth" binasa semoea lantas.

Boleh djadi satoe koetika orang jang diserang t.b.c. tooleh bilang trima kasi jang di doenia ada koetoe sebagi ini „waxmoth”!sinpo

Komentar:
BERITALAINNYA
Koran Sin Po, 17 Mei 1924 (Monash University/SinPo.id)
Moesim memboenoe dan merampok.
Jumat, 17 Mei 2024
Koran Sin Po 8 Mei 1986 (SinPo.id/Monash University)
Satoe Blanda di Tiongkok
Rabu, 08 Mei 2024
Koran Sin Po 21 April 1928, (Monash University/sinpo.id)
Tiongkok dan Barat.
Minggu, 21 April 2024
Koran Sin Po 30 Maret 1929 (Monahs University/SinPo.id)
Unificatie ka atas atawa ka bawah?
Sabtu, 30 Maret 2024
Koran Sin Po, 24 Maret 1928, (Monash University/SinPo.id)
Organisatie Tionghoa.
Minggu, 24 Maret 2024
Koran Sin Po 20 Maret 1926 (Monash University/SinPo.id)
“Bandjir besar di Brebes,”
Rabu, 20 Maret 2024