Eks Timses Jokowi Jadi Ketua Timsel KPU-Bawaslu, Dasco: Tak Masalah!

Laporan: Poppy
Selasa, 12 Oktober 2021 | 17:20 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa/ist
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa/ist

SinPo.id Terpilihnya Juri Ardiantoro sebagai Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI periode 2022-2027 menimbulkan pro dan kontra.

Juri sendiri saat ini merupakan Deputi IV Kantor Kepala Staf Kepresidenan (KSP). Sebelum menjabat di KSP, Juri merupakan mantan tim kampanye Jokowi 

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad tak mempermasalahkan posisi Juri sebelumnya. Bahkan, ia menilai sosok Juri Ardiantoro dianggap memiliki pengalaman. 

"Ya saya pikir kan pak Juri itu justru berpengalaman di KPU, nah sehingga bagi kami itu nggak ada masalah, jika kemudian pak Juri menjadi tim seleksi KPU, karena kan itu tim seleksi bukan cuma pak Juri Ardiantoro sendiri, itu kan ada beberapa, kemudian bersama-sama," ujar Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (12/10).

Wakil Ketua DPR RI berharap Juri Ardiantoro dianggap dapat memilih orang - orang berkompeten yang nantinya terpilih sebagai anggota KPU dan Bawaslu. 

"Nah, tentunya pengalaman dari pak Juri itu bisa kemudian untuk dijadikan bekal memilih calon- calon baik KPU maupun Bawaslu yang tepat. Di samping aspek-aspek lain, nanti akan dilengkapi oleh anggota tim yang lain, yang dibawa pak Juri Ardiantoro," ujarnya.
 
Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah mengumumkan 11 anggota tim seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu RI periode 2022-2027.

Pengumuman dilakukan setelah Tito mendapat Keputusan Presiden (Keppres) tentang tim seleksi yang ditandatangani pada 8 Oktober 2021.

Diketahui tim seleksi tersebut terdiri dari perwakilan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Wakil Menteri Hukum dan HAM hingga mantan Komisioner KPU.

Selain Juri, ada juga nama Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) periode 2020-2024 Edward Omar Sharif Hiariej dan Direktur Jenderal Politik Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar.sinpo

Komentar: