17 Dubes Baru RI Resmi Dilantik Jokowi, Berikut Nama dan Negara Penugasannya

Laporan: Samsudin
Senin, 25 Oktober 2021 | 10:52 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 17 duta besar baru RI untuk 33 negara sahabat di Istana Merdeka, Senin (25/10)/Youtube Setkab
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 17 duta besar baru RI untuk 33 negara sahabat di Istana Merdeka, Senin (25/10)/Youtube Setkab

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 17 duta besar baru RI untuk 33 negara sahabat di Istana Merdeka, Senin (25/10/2021). Pelantikan duta besar RI itu berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No 127B tahun 2021 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia.

Setelah melakukan pembacaan surat keputusan presiden yang yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemsetneg RI, Presiden Jokowi mengambil sumpah janji para duta besar tersebut.

Pelantikan tersebut bisa dilihat di akun YouTuber, Setkab RI. "Terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara-saudara. Bersediakah saudara diambil sumpah janji menurut agama masing-masing?" tanya Jokowi.

"Bersedia," jawab para duta besar bersamaan.

Selanjutnya,, Presiden Jokowi membacakan sumpah yang diikuti dan diikuti oleh para duta besar yang dilantiknya.

"Bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Jokowi.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab." kata Jokowi.

Berikut adalah nama-nama duta besar yang dilantik Jokowi beserta negara tempat penugasannya:sinpo

Komentar: