Bimtek Aplikasi E-Sign Dan SNIPER Implementasi Parlemen Modern

Laporan: Samsudin
Rabu, 27 Oktober 2021 | 10:06 WIB
?Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal? DPR RI Damayanti/Ist
?Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal? DPR RI Damayanti/Ist

SinPo.id - Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal  DPR RI Damayanti menyampaikan program Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi E-Sign dan SNIPER yang diselenggarakan untuk jajaran pejabat dan staf di lingkungan Deputi Bidang Persidangan terdiri dari enam biro merupakan implementasi yang sesuai dengan visi DPR RI menjadi Parlemen Modern dan profesional. 

Terlebih, mengingat ke depannya yang paling merasakan manfaat dari kedua aplikasi tersebut adalah segenap jajaran di Deputi Bidang Persidangan. "Karena, di Deputi ini banyak terdapat produk-produk dokumen persuratan disamping administrasi keuangan," ujar Maya, sapaan akrabnya usai membuka Bimtek Aplikasi E-Sign dan SNIPER DPR RI, di Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/10).

Seperti contohnya, sambung Maya, ia sering meneken penandatanganan surat kunjungan kerja hingga mencapai 2 rim. Begitu juga, jajaran kepala biro yang harus menandatangani surat dapat semakin dimudahkan oleh hadirnya kedua aplikasi E-Sign dan SNIPER ini. Tak hanya itu, melalui kedua aplikasi tersebut dapat tracking sejauh mana dokumen-dokumen yang ada. 

Termasuk, tutur Maya, di tengah masih adanya situasi pandemi saat ini, maka bagi jajaran pejabat atau staf yang Work From Home (WFH) atau kepala bagian Alat Kelengkapan Dewan (AKD) atau Komisi yang bertugas mendampingi kunjungan kerja Anggota DPR RI bisa melaksanakan tugas secara real time dimanapun dan kapanpun melalui kedua aplikasi tersebut.

"Jadi, dimanapun dan kapanpun segenap pejabat khususnya di lingkungan Deputi Bidang Persidangan dapat melaksanakan tugas. Hadirnya kedua aplikasi E-Sign dan SNIPER tersebut semakin mempertegas visi Parlemen Modern yang terbuka serta semakin efektif dan efisien dalam bekerja dan semakin bisa menyajikan data secara digital dengan sebaik-baiknya dan akuntabel," pungkas Damayanti. 

Turut hadir Kepala Pusat Teknologi Informasi sekaligus Plt. Deputi Administrasi Sekretariat Jenderal DPR RI Djaka Dwi Winarko, Plt. Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Djoko Hanggoro, Kepala Bagian Media Cetak dan Media Sosial Sekretariat Jenderal DPR RI Irfan, serta segenap pejabat eselon dan staf peserta Bimbingan Teknis Aplikasi E-Sign dan SNIPER Deputi Bidang Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI.sinpo

Komentar: