Iran Punya 25 Kg Uranium Kemurnian 60 Persen, Barat Resah?

Laporan: Azhar Ferdian
Sabtu, 06 November 2021 | 00:29 WIB
Fasilitas konversi uranium di Isfahan/Reuters
Fasilitas konversi uranium di Isfahan/Reuters

SinPo.id - Iran telah meningkatkan persediaan uranium dengan kemurnian 60 persen menjadi 25 kilogram. Laporan terbaru itu diungkapkan melalui media pemerintah Iran.

Pengumuman itu datang tak lama setelah tanggal yang ditetapkan untuk dimulainya kembali pembicaraan nuklir antara Teheran dan kekuatan dunia lainnya.

“Republik Islam sejauh ini menghasilkan 25 kilogram uranium 60%," ungkap juru bicara Organisasi Energi Atom Iran Behrouz Kamalvandi pada Jumat (5/11).

Pengungkapan Kamalvandi datang hanya beberapa hari setelah negosiator nuklir utama Iran Ali Bagheri Kani menegaskan bahwa Teheran telah setuju memulai kembali negosiasi di Wina pada 29 November 2021.

Pernyataan itu dikonfirmasi badan tindakan eksternal Uni Eropa tak lama setelah itu.

Amerika Serikat (AS), Inggris, Prancis, dan Jerman mengeluarkan pernyataan bersama pada akhir Oktober di konferensi G20. "Keprihatinan yang mendalam dan berkembang atas program atom Republik Islam. Negara-negara tersebut juga mendesak Presiden Ebrahim Raisi untuk kembali ke upaya itikad baik untuk menyelesaikan negosiasi kita sebagai hal yang mendesak,”.sinpo

Komentar: