Baku Tembak Aparat Vs KKB Di Intan Jaya Papua, 1 Tewas 2 Luka-Luka

Laporan: Azhar Ferdian
Sabtu, 06 November 2021 | 13:56 WIB
Personel TNI patroli di Papua/Net
Personel TNI patroli di Papua/Net

SinPo.id - Pasukan gabungan TNI/Polri kembali terlibat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Satu anggota KKB tewas dalam baku tembak tersebut.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan baku tembak tersebut berawal dari patroli yang dilakukan pasukan gabungan di ketinggian pada Jumat (5/11) pagi. Sekira pukul 08.38 WIT, terpantau, ada 10 orang memegang senjata laras panjang datang dari arah semak sekitar Dusun Biulagi ke Kali Wabu.

"Pemantauan terhadap 10 orang itu terus dilakukan. Hingga terjadi letusan senjata api laras pendek sekira pukul 11.27 WIT," ungkap Ahmad menjelaskan, Sabtu (6/11).

Sekira Pukul 13.14 WIT, personel gabungan melihat kembali pergerakan sekelompok orang membawa dua pucuk senjata api laras panjang, serta dikelilingi sekitar 20 orang yang duduk seperti konsolidasi disekitar Dusun Bilulagi.

"Pukul 15.12 WIT, terlihat satu orang KKB membawa senjata api laras panjang masuk dari arah bawah ke sekitar Klinik Pastoran ST Michael Bilogai. Namun tidak dapat dilakukan tindakan oleh Pos 521, karena terdapat Mama-mama di sekitar klinik," tambahnya.

Sekitar Pukul 15.17 WIT, satu orang KKB yang membawa senjata api panjang di sekitar Klinik Pastoran ST Michael Bilogai, melakukan tembakan ke arah Pos Satgas Yon Mek 521 dan berlari ke arah sekitar pertigaan TKP Ramli.

"Selanjutnya personel Satgas Yon Mek 521 mengeluarkan tembakan terbidik terhadap satu orang KKB lainnya yang juga membawa satu pucuk senjata laras panjang yang muncul di sekitar semak semak pertigaan Ramli," jelasnya.

Dari hasil pemantauan melalui teropong, diketahui bahwa satu anggota KKB tersebut meninggal dunia. Selanjutnya personel gabungan yang akan melakukan pembersihan terlibat kontak tembak dengan KKB.

"Pukul 15.21 WIT, personel gabungan yang sedang bersiaga di Polsek Sugapa tiba-tiba mendapat tembakan oleh KKB dari arah perumahan Satpol PP dan Tower Telkomsel, sehingga terjadi kontak tembak kembali," paparnya.

Sekitar Pukul 15.45 WIT, personel gabungan menggunakan satu unit mobil double cabin yang datang untuk membantu kontak tembak di sekitar TKP Ramli. Namun saat di tanjakan Polsek Sugapa, melewati Perumahan Satpol PP, tiba-tiba mendapat tembakan dari arah perumahan Satpol PP yang mengakibatkan dua personel terkena rekloset.

"Pukul 18.20 WIT, personel gabungan melakukan pengejaran di sekitar pertigaan TKP Ramli atau jalan masuk komplek Pastoran ST Michael Bilogai. Selanjutnya menuju ke pos masing-masing," tambahnya.sinpo

Komentar: