Serangan Udara Koalisi Arab Saudi, 115 Orang Pemberontak Houthi Tewas

Laporan: Azhar Ferdian
Minggu, 07 November 2021 | 02:08 WIB
Serangan udara Koalisi Arab Saudi/Net
Serangan udara Koalisi Arab Saudi/Net

SinPo.id - Serangan udara yang dilancarkan koalisi pimpinan Arab Saudi ke wilayah dekat Marib, Yaman, menewaskan 115 pemberontak Houthi.

Koalisi pimpinan Arab Saudi yang mendukung pemerintah Yaman melaporkan serangan hampir setiap hari selama tiga pekan terakhir. Serangan-serangan itu mereka klaim telah mengakibatkan sekitar 2.600 kematian di pihak pemberontak Houthi yang didukung Iran.

Sementara itu, pertahanan udara Arab Saudi dilaporkan berhasil mencegat sebuah pesawat tak berawak (drone) milik Houthi yang terbang menuju bandara Internasional Abha pada Sabtu (6/11), sebut laporan kantor berita Saudi Press Agency (SPA).

“Pasukan pertahanan udara menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak bermuatan bahan peledak yang diterbangkan oleh "Milisi teroris Houthi" dari Yaman menuju kota Khamis Mushait, di wilayah selatan Arab Saudi,” sebut pernyataan koalisi Saudi.

Perang saudara Yaman dimulai pada tahun 2014 ketika Houthi merebut Ibukota Sanaa. Kondisi ini mendorong pasukan koalisi Arab untuk campur tangan untuk menopang pemerintah pada tahun berikutnya. Puluhan ribu orang tewas dan jutaan lainnya mengungsi dalam apa yang disebut PBB sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.sinpo

Komentar: