Tito Karnavian Dorong Polwan Lebih Berperan Lagi Di Panggung Kepolisian

Oleh: Pandu Satya
Senin, 08 November 2021 | 16:50 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian/Net
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian/Net

SinPo.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berharap Konferensi Polwan Sedunia atau International Association of Women Police (IAWP) dapat mendorong peran polisi wanita (polwan).

"Kita berharap IAWP ini menjadi mesin pendorong gender equality di dalam semua kehidupan masyarakat karena masih ada banyak negara yang mana peran wanita belum diakui secara maksimal," ucap Tito kepada wartawan di Hotel Meruorah Labuan Bajo, NTT, Senin (8/11).

Tito juga mengatakan bahwa polisi memiliki peran yang penting dalam masyarakat, seperti menjaga ketertiban, keamanan, penegakan hukum, dan peran lain.

Itulah mengapa Polwan harus membuktikan diri sebagai pendorong peran wanita untuk persamaan gender, terutama di negara dengan keadilan gender yang masih belum kelihatan.

"Polisi wanita jangan hanya bergerak seputar titik panggung kepolisian, tapi ambil peranan penting di pusat panggung kepolisian," tutur Tito.

Tito juga melanjutkan bahwa jumlah polwan di Indonesia  masih terbatas dan berharap jumlah polwan di Indonesia bisa ditingkatkan.

Tito juga menganggap bahwa polwan bisa melakukan kerja seperti halnya program yang sama dengan polisi laki-laki, termasuk untuk tugas-tugas fisik dan tugas berbahaya.sinpo

Komentar: