Ganti Menteri Jeblok! Ujang: Reshuffle Bukan Mengakomodir PAN Dan Hadi Tjahjanto

Laporan: Farez
Selasa, 09 November 2021 | 12:24 WIB
Pengamat politik Ujang Komarudin/Net
Pengamat politik Ujang Komarudin/Net

SinPo.id - Presiden Joko Widodo diprediksi akan melakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat. Salah satu nama yang mencuat gabung Kabinet Indonesia Maju (KIB) yakni Hadi Tjahjanto yang sebentar lagi resmi pensiun sebagai Panglima TNI.

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin berpandangan, Jokowi akan merombak kabinetnya bukan dalam rangka mengakomodir Partai Amanat Nasional (PAN) yang belakangan masuk koalisi pemerintah, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun.

"Reshuffle itu suatu keniscayaan. Bukan hanya karena PAN yang telah gabung koalisi Jokowi-Maruf Amin dan mengakomodir Hadi Mantan Panglima TNI," tegas Ujang kepada wartawan sesaat lalu di Jakarta, Selasa (9/11).

Menurut Ujang, Jokowi akan merombak kabinetnya karena memang banyak kinerja Menteri-menteri yang dinilai buruk alias jeblok. Sehingga, reshuffle kabinet akan dilakukan Jokowi dalam waktu dekat.

"Karena banyak menteri yang kinerjanya jeblok. Dan menteri yang menggunakan jabatannya tuk kampanye dan diduga terlibat bisnis PCR," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini.

Mengacu waktu reshuffle yang kerap digunakan Jokowi, biasanya akhir tahun atau bulan Desember.

"Saat ini bulan November, bulan depan sudah Desember. Jadi bisa saja reshuffle hanya tinggal menunggu waktu," tukasnya.sinpo

Komentar: