Jokowi Pimpin Upacara Ziarah Nasional Hari Pahlawan Di TMP Kalibata

Laporan: Samsudin
Rabu, 10 November 2021 | 11:05 WIB
Upacara Ziarah Nasional Hari Pahlawan Di TMP Kalibata/Setpres
Upacara Ziarah Nasional Hari Pahlawan Di TMP Kalibata/Setpres

SinPo.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai inspektur upacara pada Upacara Ziarah Nasional dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, Rabu (10/11) pagi.

Upacara ini digelar di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama, Kalibata, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara Kolonel Marinir Danuri kepada inspektur upacara dan dilanjutkan dengan penghormatan bagi arwah para pahlawan.

Kemudian, untuk mengenang Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dibunyikan sirene yang diakhiri dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai,” ucap Presiden Jokowi.

Setelah itu, Presiden meletakkan karangan bunga dan diikuti dengan pembacaan doa bagi arwah para pahlawan yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Upacara diakhiri dengan penghormatan terakhir kepada arwah pahlawan yang dipimpin oleh Komandan Upacara. Selepas upacara, Presiden meninggalkan tempat upacara didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk melaksanakan tabur bunga.sinpo

Komentar: