Ini Wilayah Dengan Polusi Udara Tertinggi Di Jakarta

Laporan: Azhar Ferdian
Kamis, 11 November 2021 | 20:18 WIB
Polusi udara di Jakarta/Net
Polusi udara di Jakarta/Net

SinPo.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebutkan terdapat tiga lokasi di Jakarta dengan polusi udara yang sangat tinggi. Ketiga lokasi, yakni Kebon Jeruk, Lubang Buaya, dan kawasan Gelora Bung Karno (GBK),

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan hasil kajian tersebut menemukan bahwa kontributor polusi udara di Jakarta adalah dari sektor transportasi, terutama untuk NOx (72,4 persen), CO (96,36 persen), PM10 (57,99 persen) dan PM2.5 (67,03 persen).

Sementara sektor industri pengolahan, menjadi sumber polusi terbesar untuk polutan SO2 dan terbesar kedua untuk NOx, PM10, dan PM2.5.

Temuan tersebut sejalan dengan penelitian sebelumnya dan penelitian sumber polusi udara berbasis filter atau source apportionment yang juga dilakukan oleh DLH DKI, Vital Strategies, dan ITB.

"Dari sample filter yang menangkap PM2.5 yang dikumpulkan di tiga lokasi, yaitu Kebon Jeruk, Lubang Buaya, dan GBK, menyimpulkan bahwa baik di musim kemarau ataupun musim hujan, sumber utama PM2.5 adalah dari emisi kendaraan bermotor, yaitu 32-41 persen di musim hujan, dan 42-57 persen di musim kemarau," ujar Asep melalui keterangan persnya, Kamis (11/11).

Dari penelitian tersebut, kata Asep, jelas bahwa kendaraan bermotor merupakan sektor kunci yang harus diatasi demi meningkatkan kualitas udara di Jakarta.

Beberapa program telah dilaksanakan oleh Pemprov DKI Jakarta, mulai dari memperluas jaringan transportasi publik, memperbaiki akses pejalan kaki, dan juga penggunaan bahan bakar ramah lingkungan untuk kendaraan operasional pemerintah.sinpo

Komentar: