Jubir Tiongkok Sebut Ketegangan Di Selat Taiwan Belum Akan Reda Sampai...

Laporan: Samsudin
Jumat, 12 November 2021 | 09:10 WIB
Jubir Tiongkok Daratan, Tiongkok Zhu Fenglian/Net
Jubir Tiongkok Daratan, Tiongkok Zhu Fenglian/Net

SinPo.id - Seorang juru bicara Tiongkok Daratan, pada Rabu (10/11), mengatakan ketegangan di Selat Taiwan tidak akan mereda sampai tindakan provokatif yang menganjurkan "kemerdekaan Taiwan" dihentikan.

Juru Bicara Kantor Urusan Taiwan dari Dewan Negara Tiongkok Zhu Fenglian menggambarkan apa yang disebut teori "dua negara" oleh otoritas Partai Progresif Demokratik (DPP) Taiwan dan elemen-elemen yang menganjurkan "kemerdekaan Taiwan", serta kolusi mereka dengan kekuatan eksternal untuk mendorong provokasi, sebagai "akar penyebab" ketegangan di selat itu.

Zhu mengatakan pelatihan-pelatihan terkait yang dilakukan oleh Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) dimaksudkan untuk menargetkan kegiatan separatis yang menginginkan "kemerdekaan Taiwan" dan kekuatan eksternal yang mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok.

Pada dasarnya, pelatihan-pelatihan tersebut bertujuan untuk melindungi kepentingan seluruh bangsa Tiongkok dan kepentingan langsung rekan-rekan senegara di kedua sisi Selat Taiwan, imbuh Zhu.sinpo

Komentar: