Ducati Tepis ?Unboxing? Ilegal, Gak Sabar Lakoni WSBK Dan MotoGp Di Mandalika

Laporan: Samsudin
Sabtu, 13 November 2021 | 10:53 WIB
Pemberitaan media asing soal Unboxing kargo Ducati/Net
Pemberitaan media asing soal Unboxing kargo Ducati/Net

SinPo.id - Video pembongkaran boks kargo motor tim pabrikan Ducati untuk seri terakhir World Superbike (WSSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika tengah menjadi perbincangan. Belakangan, pelaku unboxing tersebut sudah dipecat dari pekerjaanya usai videonya viral.

Justru yang melegakkan adalah pernyataan resmi dari pihak Ducati yang justru sangat bertentangan dengan pemberitaan beberapa media. Karenanya nyatanya, pabrikan asal Bologna, Italia, itu menyatakan tak sabar ke Indonesia untuk melakoni seri WSBK dan balapan MotoGP tahun depan.

"Bertentangan dengan apa yang diberitakan beberapa media, Paolo Ciabatti, dan Ducati Corese tidak pernah membuat pernyataan apa pun terkait peristiwa di Sirkuit Internasional Mandalika," demikian Ducati, Jumat (12/11).

"Kami menantikan untuk melihat semua penggemar kami di Indonesia dan mengunjungi Indonesia untuk seri WorldSBK dan Grand Prix MotoGP tahun depan," demikian pernyataan Ducati.

Sebelumnya, Speedweek mengabarkan Direktur Sport Ducati Corse, Paolo Ciabatti, marah besar kepada Indonesia yang melakukan "unboxing" ilegal motor Ducati.

Media tersebut juga menulis bahwa insiden semacam ini hanya terjadi "di negara dunia ketiga dan dari 40 tahun lalu".

Setelah menuai kritik warganet, pengguna YouTube yang mengaku sebagai pengunggah video unboxing motor Ducati di WSBK Mandalika pun segera menghapus konten tersebut. Melalui media sosial, pengguna YouTube bernama "Soul Kuta Lombok" itu mengatakan bahwa saat pengambilan gambar, motor tersebut sudah dalam kondisi terbuka. 

Soul Kuta Lombok juga meminta maaf atas insiden tersebarnya video "unboxing" motor Ducati di WSBK Mandalika itu.

"Motor di-unboxing oleh pihak bea cukai untuk mengecek kelengkapan dokumen," tulisnya sembari meminta maaf. 

"Saya salah telah memvideokan proses pengecekan...terima kasih telah mengingatkan dan memberi pelajaran yang sangat berharga dalam hidupku."

"Saya memang tidak tahu sama sekali ini tidak boleh dipublikasikan. Video langsung saya privasikan beberapa jam setelah diupload." 

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebelumnya telah memberikan klarifikasi terkait pembongkaran boks kargo motor tim Ducati yang videonya beredar di dunia maya.

MGPA menjelaskan bahwa pembongkaran boks kargo motor Ducati adalah bagian dari prosedur pemeriksaan. Proses pemeriksaan kargo logistik dari setiap tim juga telah dilakukan sesuai dengan prosedur.

Pihak terkait, seperti Bea Cukai dan Freight Forwarder, pun melakukan pemeriksaan dengan didampingi Dorna Sport dan MGPA. Di sisi lain, MGPA menyayangkan oknum mengambil video dan memublikasikannya sehingga menimbulkan kesalahpahaman.

MGPA pun telah meminta maaf kepada penggemar balap motor, khususnya dari Tanah Air atas insiden ini.sinpo

Komentar: