Militer Yaman Tembak Jatuh Drone Pengintai Buatan AS Di Marib

Laporan: Samsudin
Sabtu, 13 November 2021 | 16:02 WIB
Puing drone ScanEagle yang ditembak jatuh militer Yaman di Ma'rib/PressTv
Puing drone ScanEagle yang ditembak jatuh militer Yaman di Ma'rib/PressTv

SinPo.id - Pasukan militer Yaman berhasil mencegat dan menembak jatuh pesawat mata-mata Boeing Insitu ScanEagle buatan AS milik koalisi yang dipimpin Saudi yang terbang di atas provinsi penghasil minyak Yaman, Ma'rib.

Juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman, Brigadir Jenderal Yahya Saree, mengatakan dalam sebuah postingan di Twitter-nya pada Sabtu, (12/11) menyebutkan, bahwa unit pertahanan udara Yaman menggunakan rudal darat yang dikembangkan di dalam negeri untuk menembak jatuh pesawat tak berawak buatan Amerika itu.

Dia mengatakan rincian lebih lanjut tentang operasi dan rekamannya akan segera dirilis. Boeing Insitu ScanEagle adalah drone long-endurance yang mampu terbang di ketinggian rendah yang dikembangkan oleh Insitu, anak perusahaan Boeing dan digunakan untuk pengintaian.

Pada 9 November, pasukan tentara Yaman dan sekutu mereka juga menembak jatuh pesawat pengintai ScanEagle Saudi saat pesawat itu terbang di atas distrik yang sama di provinsi Ma'rib.

Juga, angkatan bersenjata Yaman, yang didukung oleh pejuang sekutu dari Komite Populer, menembak jatuh drone pengintai ScanEagle AS lainnya pada 27 September saat sedang dalam misi mata-mata di distrik Medghal di provinsi Yaman yang sama.

Arab Saudi, yang didukung oleh AS dan sekutu regionalnya, melancarkan perang terhadap Yaman sejak Maret 2015, dengan tujuan membawa pemerintah Hadi kembali berkuasa dan menghancurkan Ansarullah.

Perang tersebut telah menyebabkan ratusan ribu orang Yaman tewas, dan jutaan lainnya mengungsi. Selain itu, juga menghancurkan infrastruktur Yaman dan menyebarkan kelaparan dan penyakit menular.sinpo

Komentar: