ASN Kementan Pakai Baju Loreng Parpol, Dasco: Sebaiknya Jaga Integritas

  • Laporan:

SinPo.id - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad enggan memberikan komentar terlalu jauh terkait beredarnya foto Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon 1 Kementerian Pertanian (Kementan) bersama salah satu Ketua Umum Partai Politik seperti beredar baru-baru ini.

"Kami tidak dalam kapasitas menyatakan itu benar atau salah," ujar Dasco kepada wartawan di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/11).

Dasco menjelaskan sudah ada lembaga yang akan menilai boleh atau tidak para ASN melakukan hal tersebut. Dia juga mengingatkan bahwa ASN pada dasarnya memiliki kode etik agar integritas ASN tetap dapat terjaga.

"ASN juga punya kode etik sehingga harus menjaga integritas sebagai ASN sebaik-baiknya," tutur Dasco.

Untuk hukuman yang akan diberikan kepada para ASN tersebut apabila terbukti melanggar, Dasco mempercayakan sepenuhnya kepada lembaga yang berwenang.

"Saya tidak mau menanggapi itu, karena itu kan nanti ada lembaganya yang mengawasi," tutup Dasco.

Sebelumnya, dalam rapat Komisi IV DPR dengan Eselon I Kementerian Pertanian, Senin, (15/11), pihak dewan mempertanyakan foto ASN Kementan (Kementerian Pertanian) berbaju loreng seragam Komando Strategis NasDem atau Kostranas.

Awalnya, rapat dibuka oleh Wakil Ketua Komisi dari Fraksi PKB Anggia Erma Rini. Lalu, diinterupsi dari Alien Mus, anggota komisi dari Fraksi Golkar, yang menyebut adanya laporan soal foto-foto tersebut.

"Karena itu sudah masuk dalam laporan komisi, tolong ini biar kita bisa menjadi satu atensi," kata dia.

Sehingga, Alien pun meminta penjelasan langsung kepada perwakilan Kementan yang hadir dalam rapat. Setelah itu, diperlihatkan sebuah foto bersama para pejabat Kementan yang menggunakan seragam loreng. Seragam tersebut bernuansa biru kuning, yang juga merupakan warna pada logo NasDem.

Para pejabat Kementan ini berfoto bersama atasan mereka yang juga kader Nasdem yaitu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Tapi, Syahrul menggunakan jas hitam seperti halnya Surya Paloh.

Di antara para pejabat ini ada Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi, Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto, dan beberapa pejabat lainnya. Kasdi yang muncul dalam foto akhirnya memberi penjelasan kepada DPR.

"Bapak Ketua, Bapak-Ibu Wakil Ketua, dan anggota yang kami muliakan, iya, kehadiran kami dengan atribut itu meskipun secara formal kami tidak dalam posisi itu, sebenarnya kami ingin menghormati apa, acara tersebut, dan kami hadir bersama juga dengan Pak Menteri," kata Kasdi.

"Bapak-Ibu sekalian, tidak ada maksud lain, mohon maaf kalau memang itu kurang berkenan di Bapak Ibu sekalian, tapi sesungguhnya di hati kami tetap dalam upaya birokrat, birokrat... tapi karena ini menghormati, kami memakai atribut itu," katanya.

Anggota Komisi IV DPR menimpali dengan menyatakan menghargai permintaan maaf Kementan soal ASN berbaju Kostranas NasDem. Namun Komisi IV DPR RI mengingatkan ASN tidak boleh berpolitik.

Kemudian, seorang peserta rapat dari Komisi IV DPR bertanya seragam apa yang dipakai ASN Kementan saat berfoto dengan Surya Paloh dan Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Kasdi mengakui itu adalah seragam Kostranas NasDem, tapi dia tidak tahu Kostranas itu apa. Padahal diketahui, Kostranas NasDem saat ini dipimpin Syahrul Yasin Limpo.

"Kami menyampaikan permohonan maaf untuk itu. Untuk yang lain waktu tentu tidak akan kami ulang. Tadi Pak Ketua menanyakan, itu seragam yang saya kenal seragamnya Kostranas, Bapak. Bukan... saya tidak tahu Kostranas itu posisi di NasDem, terus terang tidak tahu," tegasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar