DPR Minta Pertamina Inventarisasi Kilang Berstatus Merah Hingga Hijau

Laporan: Ari Harahap
Selasa, 16 November 2021 | 12:30 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad/SinPo
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad/SinPo

SinPo.id - PT Pertamina (Persero) diminta untuk melakukan inventarisasi kilang-kilang minyak yang dalam keadaan normal dan berpotensi mengalami kebocoran atau ledakan. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya ledakan kedepannya.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/11).

"Kilang minyak ini jumlahnya ribuan bukan hanya di Cilacap. Oleh karena itu, nanti kita minta Pertamina juga untuk melakukan inventarisasi mana-mana kilang minyak yang dalam keadaan status merah, kuning, atau hijau untuk antisipasi," ujar Dasco.

Dasco mengatakan ledakan kilang minyak Pertamina bukan hanya memberikan kerugian kepada negara akan tetapi juga berdampak bahaya untuk masyarakat sekitar, sehingga hal tersebut perlu diantisipasi.

"Karena kalau kemudian terjadi lagi ledakan-ledakan akan menyebabkan selain kerugian materiil, kerugian negara, juga itu membahayakan sekitar," tuturnya.

Ketua harian DPP Partai Gerindra itu tidak ingin berspekulasi soal penyebab terjadinya ledakan tersebut, karena menurutnya saat ini belum ada informasi yang pasti terkait penyebab ledakan itu.

"Saya nggak ada tanggapan yang karena itu kita berarti kan menduga-duga bahwa itu terjadi kesengajaan, sementara kita belum tahu sebab ledakan yang ada pada saat ini itu bagaimana" tutup Dasco.

Sebelumnya diketahui, Kebakaran di tangki 36T102 kilang minyak Pertamina Unit 4 Cilacap terjadi saat hujan dan petir melanda wilayah sekitar lokasi.

Tangki 36T102 yang terbakar menyimpan 31 ribu kilo liter bbm jenis pertalite. Posisi tangki berada dekat dengan jalan raya tepatnya berada di pintu dua kilang Pertamina unit 4 cilacap.sinpo

Komentar: