Pengunjung Harap Waspada, Jalur Wisata Menuju Gunung Bromo Longsor

Laporan: Azhar Ferdian
Rabu, 17 November 2021 | 01:31 WIB
Jalan menuju Gunung Bromo longsor/Net
Jalan menuju Gunung Bromo longsor/Net

SinPo.id - Jalur wisata ke Gunung Bromo yang melewati wilayah Kabupaten Pasuruan, mengalami longsor, Selasa (16/11). Longsor terjadi bersamaan dengan turunnya hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut.

Titik longsor berada di Desa Balendono, Kecamatan Tosari, Kabupaten pasuruan. Jalan yang longsor mencapai sepanjang 30 meter, dengan lebar sekitar 3 meter, dan ketinggian mencapai 15 meter.

Aspal di jalan tersebut, juga mulai mengalami retak-retak akibat tergerus air hujan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, warga memberlakukan buka tutup arus lalu lintas, utamanya untuk pengendara roda dua dan empat.

Menurut Kepala Desa Baledono, Mas Prapto, longsor di jalur menuju wisata ini terjadi setelah di kawasan setempat diguyur hujan sejak Selasa (16/11) siang hingga sore hari. "Derasnya hujan, membuat tebing tergerus air sehingga longsor," terangnya.

Warga berharap kepada pemerintah daerah maupun provinsi untuk segera mengatasi jalan yang longsor ini, mengingat jalan tersebut menjadi nadi kehidupan warga lereng Gunung Bromo yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan.sinpo

Komentar: