Polusi Udara Tinggi, India Berencana Terapkan Lockdown

Laporan: Azhar Ferdian
Rabu, 17 November 2021 | 01:55 WIB
Polusi udara di India/BBC
Polusi udara di India/BBC

SinPo.id - Polusi udara di India sudah mencapai titik yang paling parah. Pemerintah India berencana akan memberlakukan lockdown untuk menghadapi polusi udara tersebut.

Kebijakan itu diambil setelah New Delhi menjadi Ibu Kota yang udaranya paling tercemar di dunia. Tingkat polusi di beberapa bagian kota mencatat tingkat yang mengkhawatirkan selama dua minggu terakhir. Pada Selasa (16/11), indeks kualitas udara mencetak 437 dari maksimum 500 poin.

Kota-kota di India telah lama berjuang memerangi polusi, tetapi tingkatnya melonjak setiap musim dingin karena asap yang pembakaran tanaman yang dilakukan petani bercampur dengan polusi dari mobil dan pabrik industri.

Pada pertemuan darurat Selasa (16/11), pejabat Ibu Kota New Delhi mengatakan mereka merencanakan penguncian akhir pekan dan perintah kerja dari rumah untuk mengatasi masalah ini.

"Kami telah mengusulkan penguncian akhir pekan, kami siap untuk itu. Strategi kami akan tergantung pada arahan pengadilan sekarang," kata Gopal Rai, menteri lingkungan, hutan, dan satwa liar New Delhi, kepada NDTV..

Deklarasi tersebut mengikuti kebijakan yang diambil oleh pemerintah New Delhi pada hari Sabtu, yang mengatakan sekolah akan ditutup selama seminggu dari hari Senin dan pekerja konstruksi harus tinggal di rumah selama tiga hari dari hari Minggu, Times of India melaporkan.

Pada hari Senin, Reuters melaporkan, Mahkamah Agung India mengatakan pihaknya menyarankan pihak berwenang untuk melarang semua perjalanan darat yang tidak penting dan membuat orang bekerja dari rumah.

Penguncian baru di New Delhi akan menjadi panas setelah penguncian COVID-19 di kawasan itu yang baru berakhir pada Mei lalu.sinpo

Komentar: