Balapan Seri Terakhir WSBK 2021 Di Sirkuit Mandalika Dipastikan Sengit

  • Laporan:

SinPo.id - Seri terakhir gelaran World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika diprediksi sengit. Pasalnya, ada tiga tim yang masih berebut menjadi juara konstruktor WSBK 2021.

Tiga tim besar yang terkenal kuat di WSBK, yakni Yamaha, Ducati dan Kawasaki akan berebut menjadi konstruktor terbaik. Ketiga tim tersebut, semuanya masing-masing telah merebut lebih dari 30 podium pada musim 2021.

Yamaha yang saat ini tengah memimpin klasemen konstruktor, berhasil mengamankan 34 podium. Sementara untuk Kawasaki dan Ducati, masing-masing mengoleksi 33 dan 32 podium.

Dilihat dari segi poin, Yamaha berpeluang besar untuk keluar sebagai juara. Sebab, saat ini pabrikan asal Jepang tersebut bertengger di puncak klasemen konstruktor dengan 574 poin. Selisih 16 poin dari Ducati yang membuntuti mereka di urutan dua.

Namun, harapan juga masih terbuka bagi Kawasaki yang berstatus sebagai juara bertahan. Mereka bisa mengejar selisih 54 poin dari Yamaha karena 62 poin masih bisa diraih pada balapan terakhir di Indonesia nanti yang bisa diperebutkan oleh para pembalap teratas.

Dari sudut Yamaha, Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli (Pata Yamaha) menjadi penyumbang poin terbesar. Mereka bisa membawa pulang trofi konstruktor ke pabrikan asal Negeri Sakura itu tahun ini yang terakhir mereka dapatkan pada 2007 lalu.

Sementara Ducati, berpeluang untuk menambah koleksi gelar menjadi 17 jika berhasil menjuarai WSBK 2021. Dua pembalap andalan mereka, yakni Scott Redding (Aruba.it Racing-Ducati) dan Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Racing-Ducati), tampil apik dan bisa finis di urutan dua dan empat pada klasemen akhir nanti.

Kemudian, Jonathan Rea dan rekan setimnya Alex Lowes (Kawasaki Racing Team) telah berkontribusi besar bagi Kawasaki musim ini. Jika mereka bisa membalikkan selisih 54 poin dari Yamaha, maka mereka akan mengamankan gelar ketujuh berturut-turut bagi Kawasaki yang juga akan menjadi gelar ketujuh sepanjang sejarah tim.

Rea sendiri saat ini bersaing sengit dengan Razgatlioglu di papan atas klasemen pembalap WSBK 2021. Namun, juara dunia enam kali tersebut memiliki peluang yang kecil karena berselisih 31 poin dari lawannya yang berasal dari Turki itu. Akan tetapi tidak ada yang tidak mungkin, dia bisa menambah trofi ketujuhnya di Sirkuit Mandalika akhir pekan ini yang akan digelar mulai 19 hingga 21 November 2021.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar