Rotasi F-PDIP DPR, Bambang Pacul Gantikan Herman Hery Sebagai Ketua Komisi III

Laporan: Samsudin
Kamis, 18 November 2021 | 11:50 WIB
Bambang Wuryanto jadi Ketua Komisi III DPR RI/net
Bambang Wuryanto jadi Ketua Komisi III DPR RI/net

SinPo.id - PDI Perjuangan mengubah susuan ketua di Komisi III DPR. Loyalis Puan Maharani, Bambang Wuryanto atau lebih akrab disapa Bambang Pacul ditunjuk menggantikan Herman Hery sebagai Ketua Komisi III. Herman Hery sendiri pindah ke Komisi VII.

Rotasi tersebut dibenarkan anggota DPR Fraksi PDIP Hendrawan Supratikno.

"Betul, Bambang Wuryanto menjadi Ketua Komisi III," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (18/11).

Namun, dia belum memastikan kapan serah terima jabatan antara Bambang dan Herman dilakukan. Saat ini, Bambang masih menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR RI.

"Dalam waktu segera," ujar Hendrawan.

Ketua Fraksi PDIP DPR RI, Utut Adianto saat dikonfirmasi oleh wartawan, Rabu (17/11), mengaku, pindahnya Herman sebagai perjalanan karier. Menurutnya, hal tersebut penyegaran yang biasa dilakukan.

"Ini tour of duty. Tour of duty biasa," ungkapnya.

Utut melanjutkan, dalam tugasnya di Komisi VII Herman nantinya hanya menjadi anggota biasa, tidak di tempatkan sebagai pimpinan.

Komentar Ganjar

Setelah ditunjuk sebagai Ketua Komisi III, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memberikan ucapan selamat kepada Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jateng Bambang Wuryanto (Bambang Pacul). “Selamat untuk mas Bambang Pacul menjadi Ketua Komisi III, mudah-mudahan bisa memberikan reform kepada bidang yang ada di sana,” kata Ganjar ditemui di sela kegiatan penanaman di Kabupaten Cilacap, Kamis (18/11).

Ganjar yang juga mantan anggota DPR RI itu berharap Bambang bisa memberikan reformasi di Komisi III yang membidangi hukum, HAM dan keamanan.

“Karena bidang yang ada di sana itu soal penegakan hukum soal seluruh terminal justice sistem itu ada di sana. Mudah-mudahan amanah,” ujar Ganjar.

Bambang diketahui sebagai loyalis Puan Maharani. Dia kerap melempar pernyataan keras kepada Ganjar Pranowo, yang dicitrakan sebagai kompetitor Puan di internal PDIP untuk urusan perebutan tiket ke Pilpres 2024.

Bambang, yang merupakan Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, pernah menyebut Ganjar Pranowo kemajon hingga keminter. Pernyataan itu keluar karena dia menganggap Ganjar kerap bermanuver mencari tiket Pilpres 2024.

(Ganjar) wis kemajon (kelewatan). Yen kowe pinter, aja keminter (kalau kamu pintar, jangan bersikap sok pintar),” tegas Bambang di Panti Marhaen Kota Semarang, Sabtu (23/5/2021).

Tak hanya itu, Bambang Pacul juga pernah melontarkan pernyataan keras untuk barisan pendukung Ganjar di kalangan internal PDIP Jawa Tengah.

Dia menyebut kelompok pendukung Ganjar sebagai celeng. Isu celeng ini kemudian meluas hingga menimbulkan friksi di internal PDIP.sinpo

Komentar: