Kemensos Ungkap 31.624 PNS Terindikasi Terima Bansos

Laporan: Azhar Ferdian
Kamis, 18 November 2021 | 22:23 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini/Net
Menteri Sosial Tri Rismaharini/Net

SinPo.id - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengungkap puluhan ribu pegawai negeri sipil (PNS) terindikasi menerima Bantuan Sosial (Bansos). Mereka tersebar di 514 kota/kabupaten di 34 provinsi, bahkan ada yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

"(Ada di) di Menteng," kata Tri Rismaharini saat konferensi pers di Kantor Kemensos, Jakarta, Kamis (18/11).

Risma mengungkapkan, sebanyak 31.624 pegawai negeri sipil (PNS) terindikasi menerima bansos. Setelah dikonfirmasi Kemensos dari data BKN, 28.965 di antaranya masih aktif dan sisanya diperkirakan pensiunan. PNS itu berasal dari beragam profesi, antara lain dosen dan tenaga medis.

Jenis bansos yang diterima para PNS itu, kata Risma, adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Jadi setelah kami serahkan ke BKN, yang indikasinya PNS itu ada 31.624 yang aktif. Setelah kita cek data BKN sisanya sudah pensiun, 28.965 ASN aktif," katanya.

Risma mengatakan, data tersebut akan diserahkan kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk ditindaklanjuti. Kemensos akan menyetop bantuan sosial itu karena para PNS telah mendapatkan pendapatan rutin setiap bulannya.sinpo

Komentar: