Hitungan Max Biaggi Soal Peluang Juara WSBK 2021 Di Sirkuit Mandalika

  • Laporan:

SinPo.id - Max Biaggi ikut menghitung peluang peluang juara pada balapan terakhir World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika akhir pekan ini. Mantan pembalap MotoGP itu mengaku sulit memprediksi siapa yang akan menjadi juara.

Biaggi menyebut dua kontestan teratas musim ini, yakni Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea punya kans sama untuk jadi pemenang. Ini membuat dua kali juara WSBK itu meyakini balapan akan sengit.

Saat ini Razgatlioglu masih bertengger di puncak klasemen WSBK 2021. Dia unggul 30 poin dari Rea yang membuntutinya di urutan dua.

Meski unggul 30 poin, posisi Razgatlioglu masih bisa digusur Rea. Seperti seri lainnya, GP Indonesia juga akan menggelar tiga balapan, yakni Race 1 dan Race 2 serta Superpole Race pada 20 dan 21 November 2021.

Pemenang setiap race akan meraup 25 poin, yang berarti 50 poin. Sedangkan yang tercepat di Superpole bisa mendapat 12 poin. Dengan kata lain, masih ada 62 poin yang diperebutkan.

Karena itu balapan di Lombok, Indonesia akhir pekan ini akan menjadi penentu siapa yang akan menjadi juara WSBK 2021. Sebab, ini menjadi seri terakhir di musim ini.

Namun, Biaggi enggan menjagokan Razgatlioglu walau unggul cukup jauh dari segi poin. Sebab, rivalnya yang berasal dari Inggris juga pembalap hebat.

Nyatanya, Rea pernah menjadi juara WSBK sebanyak enam kali berturut-turut (2015-2020). Alhasil, Biaggi hanya bisa mengeluarkan pujian bagi kedua pembalap itu.

“Sepertinya pertarungan yang sulit akan terjadi sepanjang balapan, tidak mudah untuk memprediksi mana yang akan menjadi pemenang. Bagaimanapun, Jonny-panggilan Jonathan Rea-adalah penguasa WSBK," ucap Biaggi di laman resmi WSBK.

"Dia orang yang paling banyak menang, dan baginya untuk melihat pemuda ini (Razgatlioglu), yang begitu percaya diri dalam memenangkan balapan, akan membuatnya berpikir bagaimana itu mungkin. Jonny tidak melambat, Toprak membawa talenta baru ke WSBK,” sambungnya.

Pria asal Italia itu mengatakan persaingan antara Razgatlioglu dan Rea membuat WSBK lebih menarik untuk dilihat. Menurutnya, rivalitas sangat diperlukan untuk bisa menghasilkan kompetisi yang bagus.

“Untuk membuat setiap kejuaraan menjadi hebat, anda membutuhkan rivalitas. Sebuah persaingan memiliki dua pembalap yang bertarung di level yang sama, saat ini Toprak dan Jonny membuatnya sangat menarik, tidak hanya untuk orang yang terlibat dalam motorsport tetapi juga untuk orang lain,” paparnya.

Sirkuit Mandalika akan menggelar balapan WSBK untuk pertama kalinya dalam sejarah karena trek yang ada di Indonesia itu masih sangat baru.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar