Mafia Tanah Makin Brutal, Beathor: Sofyan Djalil Tak Berdaya?

Laporan: Farez
Jumat, 19 November 2021 | 21:34 WIB
Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil/Net
Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil/Net

SinPo.id -  Kasus yang menimpa artis Nirina Zubir belakangan ini merupakan satu contoh nyata betapa kasus mafia tanah memang banyak dialami warga.

Pemerintah dalam hal ini Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil harusnya sadar diri dan mundur dari jabatannya.

Politikus senior PDIP Beathor Suryadi, beragumen saat ini praktik mafia tanah yang semakin brutal selama ini seolah didiamkan oleh Menteri terkait.

"Mafia tanah semakin brutal, Sofyan Djalil Tak Berdaya?" kata Beathor, Jumat sore (19/11).

Beathor lantas mempertanyakan kenapa mafia tanah masih terjadi hingga saat ini. Fakta itu, kataBeathor, karena Menteri terkait tidak berdaya menegur apalagi memberi sanksi kepada oknum pejabat di BPN yang bermain dengan bandit tanah.

"Kenapa itu terjadi? Ada kesan tidak berdayanya Sofyan Djalil karena para Pejabat BPN yang nakal dan bandit mafia tanah sudah pegang rahasia Sofyan Djalil," cetusnya.

"Apa mungkin Sofyan Djalil bersih dari sogok, kenaikkan pangkat, dan promosi penempatan Kakantah yang disponsori mafia?" sambungnya.

Beathor menambahkan, proses pelepasan hak atas tanah sesuai PP 24/1997 tentang pendaftaran tanah begitu banyak syarat dan ketentuannya.

Namun, kadang-kadang dalam beberapa kasus termasuk yang dialami artis Nirina Zubir, itu begitu mudahnya pindah nama kepemilikan tanah.

"Kan harus ada Akta jual beli? Semua atas rekayasa pegawai BPN atas keinginan pihak ART (tersangka) tersebut yang didanai oleh pihak pemodal," tuturnya.

"Momentum yang tepat untuk Sofyan Djalil mundur dari Kabinet Jokowi-Maruf," demikian Beathor dilansir dari RMOLID.sinpo

Komentar: