Lewati Target WHO! Vaksinasi Dosis Kedua Indonesia Capai 40 Persen

Laporan: Samsudin
Sabtu, 20 November 2021 | 14:14 WIB
Ilustrasi. Vaksinasi dosis kedua Indonesia sejauh ini sudah mencapai 40 persen/net
Ilustrasi. Vaksinasi dosis kedua Indonesia sejauh ini sudah mencapai 40 persen/net

SinPo.id - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito kembali menyampaikan kabar gembira terkait capaian vaksinasi di Indonesia. Menurut Wiku, saat ini Indonesia sudah melampaui target dari Badan Kesehatan Dunia atau Wolrd Health Organization (WHO) untuk vaksinasi dosis kedua.

"Pemerintah mengapresiasi peran serta masyarakat dalam program vaksinasi dan berkomitmen untuk terus memperluas cakupan vaksinasi dosis kedua sehingga semakin banyak masyarakat yang terlindungi dari penularan COVID-19," ungkap Wiku.

Ia mengingatkan, bagi masyarakat yang belum menerima vaksin dosis kedua, agar segera mengaksesnya. Dan bagi mereka yang sudah menerima dosis kedua agar selalu mematuhi protokol kesehatan dalam segala aktivitas yang dilakukan.

Hal ini penting untuk dilakukan mengingat laju vaksinasi malah mengalami penurunan selama 7 minggu terakhir. Padahal, cakupan vaksin penting sebagai modal menghadapi lonjakan kasus dan harus diupayakan tercapai sebelum terjadinya lonjakan ketiga.

Terkait penurunan, utamanya terjadi pada vaksin merek Sinovac. Penurunan ini ternyata juga tidak dibarengi dengan peningkatan vaksinasi pada vaksin merek lainnya yaitu Pfizer, AstraZeneca dan Moderna.

Oleh sebab itu seluruh Pemerintah Daerah diminta segera meningkatkan cakupan vaksinasi di daerahnya. Kepada masyarakat diminta tidak memilih-milih merek vaksin yang digunakan.

“Karena semua jenis vaksin yang masuk dan beredar di Indonesia sudah dipastikan keamanan kualitas dan efektivitasnya. Dan hal ini dibuktikan berdasarkan uji yang dilaksanakan oleh Badan POM dan pemantauan instansi serta organisasi profesi terkait,” demikian Wiku.sinpo

Komentar: