Hawkeye Rugikan Markus-Kevin, Pebulutangkis Denmark Protes Ke BWF

Laporan: Azhar Ferdian
Minggu, 21 November 2021 | 03:46 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia Kevin-Marcus/Net
Pasangan ganda putra Indonesia Kevin-Marcus/Net

SinPo.id - Teknologi hawkeye pada laga semifinal Indonesia Masters 2021 telah merugikan Ganda Putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Insiden kontroversial itu memantik kemarahan pebulutangkis Denmark Anders Skaarup Rasmussen, Sabtu (20/11).

Rasmussen pun melayangkan protes kepada Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Peristiwa itu bermula ketika lawan Minions -julukan Marcus/Kevin- asal Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi meminta challenge kepada wasit saat skor berada di angka 20-18 untuk keunggulan mereka.

Pasangan Negeri Jiran itu mencari keberuntungan ketika service yang mereka lakukan dianggap tidak melewati garis depan.

Setelah itu, wasit mengabulkan permintaan mereka untuk meninjau ulang bola tersebut. Tak disangka, teknologi hawkeye yang digunakan malah memutuskan service tersebut mengenai garis. Padahal sangat jelas terlihat dari tayangan ulang di layer kaca bahwa bola jauh dari garis.

Kemudian, wasit pun membuat keputusan sesuai dari tinjauan ulang yang dilakukan oleh hawkeye. Alhasil, Ong/Teo menutup gim pertama dengan keunggulan 21-18.

Melihat kejadian tersebut, Rasmussen yang terlihat geram langsung mengunggah video momen itu di Instagram pribadinya. Nada protes kepada BWF pun ditulisnya pada keterangan video.

“Apa-apaan @bwf.official??? Kejadian itu terjadi di set poin? Bagaimana kami bisa percaya dengan hawkeye lagi?,” tulis Rasmussen di Instagram-nya, @anders_skaarup_rasmussen, Sabtu (20/11).

Respon serupa juga dilontarkan oleh dua pemain Denmark lainnya, Viktor Axelsen dan Anders Antonsen. Mereka berdua juga mempertanyakan mengapa insiden tersebut bisa terjadi dan kehilangan kepercayaan dengan hawkeye.

“Apa? Bukan berarti aku mempercayai hawkeye, tapi ini keterlaluan,” tulis Axelsen di Instagram-nya, @viktoraxelsen.

“Apa yang terjadi disini?” ungkap Antonsen di media sosial yang sama, @anders_antonsen.

Insiden kontroversial tersebut memang membuat kaget seluruh pecinta bulutangkis dunia. Terlebih momen itu terjadi di kejuaraan bergengsi seperti Indonesia Masters 2021. Namun, hingga berita ini dibuat BWF belum memberikan penjelasan apapun mengenai kesalahan yang dibuat oleh hawkeye tersebut.

Kendati sempat tertinggal di gim pertama, Minions mampu membalikkan keadaan di dua gim berikutnya. Pasangan nomor satu dunia itu mengunci kemenangan di gim kedua dan ketiga dengan skor 21-17 dan 21-11.

Dengan hasil tersebut, Marcus/Kevin melangkah ke babak final Indonesia Masters 2021. Mereka akan berhadapan dengan wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, pada Minggu (21/11sinpo

Komentar: