Indonesia Terima 4 Juta Dosis Vaksin KconecaVac Asal Cina

  • Laporan:

SinPo.id - Lebih dari 4 juta dosis vaksin vektor adenovirus COVID-19 KconecaVac buatan perusahaan Cina, BioKangtai diterbangkan dari Shenzhen, Tiongkok selatan, pada Jumat (19/11) dini hari waktu setempat dan tiba di Jakarta pada Jumat sore.

BioKangtai, salah satu perusahaan teknologi tinggi Cina yang berfokus pada pengembangan dan pembuatan vaksin biologis, meluncurkan produksi vaksin vektor adenovirus COVID-19 KconecaVac pada Februari 2021, dan pada 31 Oktober lalu, vaksin tersebut mendapat persetujuan untuk penggunaan darurat di Indonesia.

Pada November, BioKangtai menandatangani perjanjian pengadaan vaksin KconecaVac dengan mitra Indonesia, serta menegosiasikan distribusi lokal bahan mentah vaksin dan transfer teknologi lebih lanjut.

Sedikitnya 8,4 juta dosis vaksin KconecaVac akan dikirim ke Indonesia bulan ini, termasuk pengiriman batch pertama ini, menurut pihak BioKangtai, dikutip dari Xinhua News, Minggu (21/11).

BioKangtai akan mempercepat pasokan ke lebih banyak negara dan meningkatkan aksesibilitas vaksin COVID-19 di seluruh dunia, terutama di negara-negara berkembang.

Menurut informasi yang terbuka untuk publik, pada Mei tahun ini vaksin COVID-19 nonaktif yang dikembangkan oleh BioKangtai disetujui untuk penggunaan darurat di Cina.

BioKangtai saat ini merupakan satu-satunya perusahaan di dunia yang memiliki dua rute teknis vaksin COVID-19 dan disetujui untuk penggunaan darurat.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar