Pasukan AL Iran Tangkap Kapal Tanker Asing Penyelundup Solar Beserta 11 Awaknya

Laporan: Samsudin
Minggu, 21 November 2021 | 10:59 WIB
Angkatan Laut Iran menangkap sebuah kapal tanker asing yang disebut menyelundupkan solar/tangkapan layar video
Angkatan Laut Iran menangkap sebuah kapal tanker asing yang disebut menyelundupkan solar/tangkapan layar video

SinPo.id - Kapal Komando Angkatan Laut Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran mengaku telah menangkap sebuah kapal tanker asing di Teluk Persia karena menyelundupkan solar.

Komandan Naval 412 Zulfiqar, Ahmad Hajian, dikutip oleh situs web penyiaran negara pada hari Sabtu mengatakan bahwa kapal itu ditemukan berlayar secara illegal dengan membawa 150.000 liter (32.995 galon) solar.

“Melalui pemantauan intelijen dan dalam operasi yang terkoordinasi, angkatan laut kita berhasil menyita kapal asing dengan 11 awak di perairan negara kita,” katanya.

Hajian menambahkan, ke-11 awak kapal itu telah diserahkan ke pengadilan setempat untuk diproses. Namun dia menyebutkan nama kapal, kebangsaannya, atau kewarganegaraan krunya. Juga tidak jelas kapan peristiwa itu terjadi.

Hajian berjanji untuk "bertindak tegas" terhadap segala upaya penyelundupan bahan bakar melalui laut untuk mendukung ekonomi Iran.

Situs berita Fars, yang memiliki hubungan dekat dengan IRGC, merilis video dramatis yang menunjukkan beberapa kapal mendekati kapal yang disita. Pengawal angkatan laut kemudian naik ke kapal yang sudah dalam kosong.

Insiden itu terjadi setelah Iran menyita sebuah kapal tanker berbendera Vietnam bernama Sothys di Laut Oman awal bulan ini setelah konfrontasi dengan Angkatan Laut Amerika Serikat dan menyimpan muatannya.

IRGC mengatakan kapal itu digunakan oleh AS untuk "mencuri" minyak Iran yang ekspornya dilarang di bawah sanksi sepihak yang diberlakukan sejak 2018 ketika mantan Presiden Donald Trump meninggalkan kesepakatan nuklir Iran 2015 dengan kekuatan dunia. Kapal tersebut dibebaskan beberapa hari setelah kejadian tersebut.

sinpo

Komentar: