Bambang Pacul Sah Jabat Ketua Komisi III DPR, Ini Penggantinya Di Komisi VII

  • Laporan:

SinPo.id - Bambang Wuryanto atau akrab disapa Bambang Pacul resmi dilantik sebagai Ketua Komisi III DPR RI. Pelantikan dipimpin langsung Wakil Ketua DPR Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Lodewijk Frederich Paulus di ruang rapat Komisi III DPR, Senin (22/11) sore.

"Saya akan tanyakan apakah pergantian Ketua Komisi III dari unsur Fraksi PDIP yang semula Herman Herry digantikan Bambang Wuryanto dapat disetujui?" tanya Lodewijk.

"Setuju," jawab anggota Komisi III yang hadir.

Politisi Partai Golkar itu menjelaskan, setelah perubahan Alat Kelengkapan Dewan ini, maka susunan pimpinan Komisi III berubah.

Selain Bambang Pacul sebagai Ketua Fraksi, Adies Kadir Wakil Ketua dari Fraksi Partai Golkar, Desmond J Mahesa Wakil Ketua dari Fraksi Partai Gerindra, Ahmad Sahroni Wakil Ketua dari Fraksi Partai Nasdem, dan Pangeran Khairul Saleh Wakil Ketua dari Fraksi PAN.

Mewakili pimpinan DPR, Lodewijk mengucapkan selamat kepada Bambang Pacul yang telah dipercaya menjadi Ketua Komisi III.

"Kami atas nama pribadi maupun Pimpinan DPR menyampaikan ucapan selamat kepada saudara Bambang Wuryanto yang dipercaya untuk menjadi Ketua Komisi III DPR. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan petunjuk kepada kita sekalian, khususnya Pimpinan Komisi III DPR RI dalam melaksanakan tugas untuk bangsa dan negara, serta memperjuangkan aspirasi rakyat," tuturnya.

Tidak lupa, Lodewijk turut mengucapkan selamat kepada Herman Herry yang mendapatkan tugas baru untuk menjadi anggota Komisi VII DPR.

"Serta untuk saudara Herman Hery selamat bertugas di AKD yang baru," katanya.

PDIP Tunjuk pengganti Bambang Pacul

Disisi lain, Wakil Ketua DPR RI Koordinator bidang Perindustrian dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel resmi menetapkan Dony Maryadi Oekon sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR RI menggantikan Bambang Wuryanto yang tengah diamanahkan menduduki Komisi III DPR RI.

“Pimpinan DPR RI telah menerima surat dari pimpinan fraksi PDI Perjuangan nomor 159/F-PDIP/DPR RI/XI/2021 tanggal 16 Nov 2021 perubahan penugasan alat kelengkapan dewan. Adapun isi surat dimaksud  merupakan perubahan penugasan anggota fraksi PDI-Perjuangan DPR RI periode 2019-2024 pada alat kelengakapan dewan di Komisi VII yaitu Saudara Dony Maryadi Oekon (A-176) menggantikan Bambang Wuryanto sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR RI,” ucap Rachmat Gobel membuka rapat internal Komisi VII DPR RI terkait pergantian pimpinan Komisi VII DPR RI.

Dalam kesempatan itu, Politisi Fraksi Partai NasDem itu juga mempersilahkan anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Julian Gunhar untuk membacakan surat Fraksi-PDI Perjuangan yang telah ditandatangani langsung oleh Ketua Fraksi Utut Adianto dan Sekjen Fraksi Bambang Wuryanto.

“Bersama ini kami sampaikan dengan hormat bahwa sesuai surat nomor 149/PDI Perjuangan/DPR RI/XI/2021 tanggal 3 November 2021 perihal penugasan alat kelengkapan deawan. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, dengan ini pimpinan Fraksi PDI Perjuangan mengadakan perubahan penugasan anggota Fraksi PDI-perjuangan pada alat kelengkapan dewan di Komisi VII sebagai berikut,” katanya.

“Pertama, Saudara Dony Maryadi Oekon yang semula Kapoksi Fraksi PDI-Perjuangan di Komisi VII DPR RI, menjadi Wakil Ketua Komisi VII DPR RI. Kedua, saudara Julian Gunhar semula sebagai anggota Komisi VII DPR RI, menjadi Kapoksi Komisi VII DPR RI,” ujar Julian membacakan surat dari pimpinan fraksinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar