Pecahkan Rekor AS, Truk Bermuatan 7,93 Ton Sabu Disita Di San Diego

  • Laporan:

SinPo.id - Sebuah truk ditangkap setelah mencoba menyelundupkan metamfetamin alias sabu seberat 7,93 ton dan fentanil seberat 176 kg di Pelabuhan Masuk Otay Mesa di San Diego. Jumlah pengungkapan ini rekor dalam penangkapan narkotika di Amerika Serikat.

"Lebih dari 7.93 ton sabu dan 176 kg fentanil ditemukan Kamis lalu, tersembunyi di dalam trailer-traktor di Pelabuhan Masuk Otay Mesa di San Diego. Penyitaan itu adalah yang terbesar untuk kedua jenis narkoba tersebut di AS untuk 2020 dan 2021," kata Kantor Kejaksaan AS seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (23/11).

Menurut pernyataan itu manifes pengemudi menunjukkan truknya berisi suku cadang mobil, tetapi "anomali" terdeteksi di trailer oleh mesin sinar-X dan anjing pelacak obat.

Petugas berwenang kini menahan sopir truk yakni Carlos Martin Quintana-Arias, seorang warga negara Meksiko. Carlos menghadapi tuduhan narkoba dari pihak federal.

Penangkapan itu terjadi saat kematian akibat overdosis di AS melonjak. Penyebabnya adalah fentanil dan opioid sintetis. Narkoba jenis ini lebih dicari daripada heroin.

Menurut data yang baru-baru ini dirilis dari CDC jumlah kematian overdosis obat di AS naik hampir 30 persen selama rentang 12 bulan pandemi, dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, fentanil menjadi penyebab dalam lebih dari 60 persen kematian akibat overdosis.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar