KTT Media Dunia Ke-4 Digelar Di Beijing, Begini Harapan Presiden Xi Jinping

  • Laporan:

SinPo.id - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Media Dunia (World Media Summit/WMS) keempat, yang diselenggarakan oleh Kantor Berita Xinhua, diadakan pada Senin (22/11).

Presiden Tiongkok Xi Jinping mengirim surat ucapan selamat, yang dibacakan dalam acara itu oleh Huang Kunming, anggota Biro Politik Komite Sentral CPC sekaligus Kepala Departemen Publisitas Komite Sentral CPC.

Berpidato dalam acara itu, Huang menyampaikan bahwa surat Xi tersebut sepenuhnya mengakui hasil KTT itu dan menyatakan harapan bagi media dunia agar memikul tanggung jawab sosial dengan lebih baik.

“Serta membangun konsensus, dan memajukan pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia,” kata Xi Jinping dalam suratnya, seperti dikutip dari Xinhua News, Rabu (24/11).

Hal ini telah memberikan pedoman yang penting untuk menyelenggarakan KTT itu dengan baik serta memperdalam pertukaran dan kerja sama media, tutur Huang.

Huang menyebut pentingnya peran media dalam membangun konsensus di saat perubahan global dan pandemi COVID-19, yang keduanya belum pernah terlihat dalam 100 tahun terakhir, menjadi hal yang saling terkait.

Huang berharap media dapat menjunjung tinggi prinsip objektivitas dan kebenaran, membuat penilaian yang ilmiah dan rasional, menentang misinformasi dan prasangka, dan menjadi pembawa pesan informasi publik yang bertanggung jawab.

“Media harus mempromosikan kejujuran dan rasa saling percaya, dan menemukan titik tengah sembari mengesampingkan dan mempersempit perbedaan,” tutur Huang.

Dia menambahkan bahwa media juga harus meliput berita secara bertanggung jawab dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh dunia dan membangun lebih banyak konsensus untuk mempromosikan pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.

“Media harus bertindak sesuai dengan tren komunikasi seluler, memperdalam kerja sama bilateral dan multilateral, serta mengonsolidasikan dukungan populer bagi pertukaran dan kerja sama,” imbuh Huang.

Huang menuturkan bahwa sidang pleno keenam Komite Sentral CPC ke-19 yang telah ditutup belum lama ini meninjau pencapaian besar dan pengalaman historis Partai dalam seabad terakhir secara komprehensif.

Sejak penyelenggaraan Kongres Nasional ke-18, di bawah kepemimpinan tegas Komite Sentral Partai dengan Kamerad Xi Jinping sebagai intinya dan panduan yang kuat dari Pemikiran Xi Jinping tentang Sosialisme dengan Karakteristik Tiongkok untuk Era Baru, Partai dan Tiongkok telah mengalami pergeseran bersejarah dan mencatatkan pencapaian bersejarah, memberikan kontribusi yang signifikan bagi perdamaian dan pembangunan dunia, kata Huang.

Ke depan, Tiongkok akan terus mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan bersama, dan memanfaatkan pencapaian-pencapaian barunya dalam pembangunan untuk memberikan peluang baru kepada dunia, imbuh Huang.

KTT itu diikuti baik secara daring maupun luring oleh hampir 400 orang yang mewakili lebih dari 260 outlet dan institusi media dari hampir 100 negara dan kawasan.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar