Komisi VI Desak Pertamina Ungkap Hasil Investigasi Kebakaran Kilang Cilacap

  • Laporan:

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi VI DPR Mohamad Hekal mendesak Pertamina untuk segera melaporkan hasil investigasi terkait terbakarnya salah satu tangki di area kilang Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah.

"Kami meminta bagaimana Pertamina bisa memperbaiki kondisi ini. Jangan sampai Pertamina yang kita banggakan ini beritanya hanya musibah dan kecelakaan saja," ujar Hekal dalam keterangannya, Rabu (24/11).

Hekal meragukan jika penyebab kebakaran tersebut adalah petir. Menurutnya bila memang disebabkan oleh petir, maka kedepannya akan terjadi banyak kebakaran kilang, karena saat ini sudah memasuki musim hujan.

"Kalau yang disampaikan bahwa kebakaran ini dikaitkan dengan petir adalah benar, maka musim hujan akan terus terjadi sampai beberapa bulan ke depan. Ini rasanya tidak mungkin kilang hanya musim hujan terjadi kebakaran," katanya.

Hekal mengungkapkan, Komisi VI akan terus menunggu evaluasi dan investigasi kebakaran kilang Cilacap, yang dilakukan Pertamina. Dia menambahkan, jika dalam satu tahun bisa terjadi tiga kali kebakaran kilang, maka hal itu bukan sekedar kecelakaan biasa.

“Memang tadi disebutkan ada beberapa tangki yang sedang dimodifikasi. Apakah itu menjadi penyebabnya, ini belum tuntas, kita tunggu saja," tuturnya.

Hekal memastikan, pihaknya terus menunggu Pertamina untuk menyelesaikan kajian-kajian teknis tangki. Komisi VI juga menunggu kajian teknis safety di KPI yang bisa menghasilkan rekomendasi konkrit untuk segera diimplementasikan.

"Sehingga kebakaran kilang ini tidak terjadi lagi di seluruh Indonesia," tutupnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar